Variasi Resep Pancake Instan
Posted on: May 25, 2015, by : Vega Aminkusumo
Variasi-resep-pancake-instan

Vegaaminkusumo.com – Dalam seminggu kemarin, kita sudah menghabiskan 4 kemasan box tepung pancake instan lho. Iya, sedang seneng-senengnya masak pancake nih. Sebentar, saya kisahkan proses pembelajarannya yaa…, jadi yang baca juga ngerti banget cara gampang membuat pancake dan variasi resep pancake instannya juga 🙂

Box pertama.
Box pertama kan namanya juga baru sekali itu membuat pancake. Jadi… Yaa… Ikuti aturan pembuatannya deh… , 2 telur, margarin cair, susu cair, dan tepung pancake, semua di campur, lalu di panggang dengan api kecil menggunakan wajan anti lengket. Setelah coklat cantik, pancake di balik lalu setelah matang diangkat.
Rasanya hmm…. Ya rasa pancake. Biasa ajah…

Box kedua, setelah paham cara membuat pancakenya, kali ini kita mencoba berkreasi dengan isi. Biar seperti martabak manis, pancake diisi keju atau butiran coklat mesis.
Cara membuat adonannya tetap sama, yang beda hanya cara memanggangnya..
Saya membentuk lingkaran2 mungil, lalu seblum mengering permukaannya segera ditaburi gula pasir/mesis dan keju, dan sedikit susu kental manis.

Cara menambahkan isi pun mudah, tidak ribet.
Kalau saya, begitu adonan dituang, masih dalam kondisi agak basah, saya segera menaburi pancake dengan gula pasir. Sedikit gula pasir. Lalu parutan keju atau taburan mesis, terakhir sedikit susu kental manis
Lalu pancake bs dilipat jika membuatnya ukuran besar, atau 2 pancake mungil saling di tumpuk, ditengah2nya ada keju/mesis,dll.
Bagaimana rasanya kali ini???
Hmm.. Beneran. Enak banget.

Adonan pancake memang gak jauh beda dengan adonan martabak manis ya, bahkan kalau dibuat sangat tipis, kita bisa mendapatkan kulit crepes yang garing dan nikmak.
Karena enak, jadilah 1 kotak pancake instan saja berasa kurang.
Dan karena agak terlalu sering membuatnya (hanpir tiap hari, dan sehari 2 kali produksi, sekali produksi hanya 1/2 kotak tepung pancake), akhirnya menemukan resep yang paling enak dan tidak sulit membuatnya.
Mau tau variasi resep pancake instan saya?

Pancake dengan parutan keju

Sesuai judulnya: pancake dengan parutan keju, sudah pasti ada keju parutnya yah.
Tapi keju parut ini maksudnya bukan pancake isi keju yg saya maksud. Melainkan pancake dengan keju parut.
Cara membuatnya? Berikut resep membuat pancake keju spesial ala Vegi yaaah 🙂

Cara membuat pancake dengan parutan keju sebenarnya sama seperti membuat adonan pancake biasa saja. Hanya saja ketika memanggang di atas wajan anti lengket, sebelumnya parut lah keju di atas wajan, agar parutan tersebar di permukaan dengan merata.
Lalu baru tuangkan adonan pancake di atas parutan keju tadi.
Jika ingin pancake dengan isi tertentu, permukaan pancake bisa ditaburi isi dan selanjutnya bisa ditutup dengan pancake lain atau dengan lipatannya.
Namun bila pancake yang dibuat tanpa isi, maka keju bisa ditaburkan juga di permukaan ketika masih agak basah, agar keju bisa menempel dengan cantik. Dan ketika pancake dibalik parutan keju itu masih ada dipermukaan.

Bagaimana rasanya?
Hmm nyam nyam…. Keju yang menempel benar2 berada dibagian luar dan ikut mengering. Keju garing ini menghasilkan cita rasa gurhi tersendiri yang sulit digambarkan. Karena ada kerenyahan ketika keju tergigit dan ada kelembutan dari pancake yang empuk.Apalagi jika di padu dengan isi keju dan susu kental maniss…

Cukup satu kata:
Enyak!.. Hihiii… dan yang paling serunya lagi, isi keju bisa diganti dengan kornet ataupun tuna chunk light.. rasanya… aaaaaaaargh… saya jadi laperrrr…

resep-membuat-pancake-keju-spesial