Tips agar rendang tidak hancur, plis
Posted on: July 25, 2014, by : Vega Aminkusumo

Paling mengesalkan itu kalau rendang yang kita masak hasil akhirnya tidak berbentuk potongan daging. Iya, dagingnya hancur.
Dan ini yang saya alami pagi ini.
Mungkin karena sudah beberapa tahun terakhir tiap lebaran cuma memesan ke tetangga, minta tolong dibelikan daging dan dimasakkan rendang, tau beres. Kemarin mendadak saya memutuskan untuk memasak rendang sendiri, hihi. Dan, banyak hal yang terabaikan hingga akhirnya, daging rendang masakan saya matang dalam keadaan hancur. Mmm, nggak semua sih, tapi banyak yang hancur 🙁

Jadi, mari kita bahas tips agar daging rendang tidak hancur yaa, dan ini berdasarkan seingatnya saya, setau saya, dan sebisa saya mengumpulkan memori seputar masak memasak rendang 🙂

1. Potonglah daging dalam ukuran besar atau sedang. Semakin kecil ukuran potongan, tentu saja semakin mudah hancur karena waktu yang diperlukan untuk memasak rendang tidak sedikit.

2. Perhatikan cara memotong daging. Potonglah searah serat daging, jangan memotong serat daging menjadi pendek2.

3. Ketika memasak tidak terlalu semangat mengaduk. Tujuan mengaduk salah satunya adalah agar rendang tidak gosong di bagian paling bawah panci, jadi memang harus di pindah posisinya. Namun berhati2 ketika melakukannya saat rendang sudah mulai mengering (habis airnya), karena daging akan lebih mudah hancur karena gesekan akibat adukan kita.

4. Pilihlah daging yang memang tidak cepat empuk kalau dimasak.
Memasak rendang memang memerlukan waktu agak lama. Disamping agar bumbu lebih merasuk ke dalam daging, lamanya memasak juga bertujuan agar minak santan bisa keluar sehingga renda akan semakin nikmat.
Jadi, karena memang perlu dimasak agak lama, kita tidak perlu memilih daging yang cepat empuk. Daging lokal justru lebih mantap.

Demikian sedikit tips dari saya agar. Daging rendnag yang kita masak tidak hancur.
Selamat mencoba yaa, nanti akan saya postingkan juga rendang hasil masak saya yang agak hancur deh hehe

Naaah, gara2 posting status rendang hancur di FB, saya dapat tips dari teman2 juga lhoo.
Ini tips membuat rendang dari Liza ^_^ foto rendangnya lebaran kemarin beneeeeer deh bikin ngiler.

Caranya pertama blender kelapa pakai air kelapa lalu di peras utk mendapatkan pati santan , kelapanya cari yg kulitnya warna hitam jgn di kupas , lalu bumbunya , cabe kriting bawang merah , bawah putih lbh bnyk dari bawang merah , ketumbar sedikit , kayu manis , biji pala di giling , kapu laga secukupnya , jahe , daun salam. 2 lembar , lengkuas di keprek , pertama masukkan daging , dgn santan kental atau pati santan , lalu masukkan smua bumbunya aduk smpai mengental , stlah agak kurang airnya masukkan santan santan ke dua tp jgn terlalu banyak krn nanti daging akan hancur

Selamat mencoba yaaa..
Saya share di sini biar nanti pas mau coba nemunya jg gampang 😀

Tips agar rendang tidak hancur, plis