Resep : Kue Nastar Yang Enak Dan Lembut Untuk Lebaran
Posted on: April 23, 2014, by : Vega Aminkusumo

Jujur lagi, saya belum pernah membuat nastar dan kue-kue kering lain. Dulu cuma sekedar membantu mengolesi dengan telur, adonan yg sudah dicetak dan siap masuk oven.
Saya sekedar berbagi resep peninggalan Ibu saya saja yaa. Dan sudah pasti rasanya enak banget. Hihi, tentu saja enak, margarinnya di kombinasi dengan butter.
Oiya, ini resep dasar kue kering nastar. Resep jaman dulu. Kalau jaman sekarang, sudah banyak variasi rasa nastar juga, seperti dengan taburan keju parut di atasnya, dan bahkan adonannya pun bisa di campur dengan sedikit keju, jadi tidak sekedar terasa gurih butter, tapi juga gurih keju :0
Berikut resepnya…

Kue Kering Nastar

Bahan:

500 g margarin
160 g gula halus
2 butir telur
650 g tepung terigu
1/2 sdk teh soda kue

Olesan: 1 butir telur ayam

Cara membuat:

1. Kocok margarin dan gula sampai naik
2. Masukkan telur
3. Terakhir masukkan tepung terigu dan soda kue, aduk rata
4. Bentuk adonan sesuai keinginan, isi tengahnya dengan selai nanas, olesi dengan telur
5. Oven.
Sebenarnya, jujur nih, kalau menurut saya, nastar yang enak justru yang rasanya tidak enek. tidak terlalu banyak rasa gurih butter atau keju.
Dan kalau nastar model itu, Ibu mertua saya jagonya membuat nastar sederhana.
Enak sekali deh. Terutama karena biasanya selai nanasnya membuat sendiri. Nanti ya, seandainya ada waktu, saya tanyakan pada ibu mertua, cara membuat selai nanas 🙂

Nah, kalau teman-teman menemukan istilah2 di bawah ini, tidak perlu panik. Karena dengan modal resep dasar di atas, kita bisa variasikan menjadi nastar yanag beraneka rasa.
1. Kue nastar wisman.
Ini sudah jelas ya, pemakaian margarinnya menggunakan butter wisman. kelebihannya sudah pasti rasanya makin nyam-nyam, aroma butternya juga makin menggoda lidah, namun juga agak lebih enek, ya. Kalau saya pribadi tidak terlalu senang nastar dengan aroma dan ras wisman yang kuat, karena rasa nanas yang kecut segar cocok dengan sesuatu yang tidak terlalu kuat rasanya. Ini menurut saya yaa, apalagi kalau melihat nastar nggak mungkin hanya makan satu. Hihihi…
2. Kue nastar renyah
Sebenarnya untuk menghasilkan kue kering yang renyah, itu bisa di atur dari komposisi putih telur yang di gunakan. perbanyak putih telur, kurangi kuning telur, agar komposisi telur tetap sama.
3. Kue nastar keju
Hihi, tinggal tambahkan parutan keju dalam adonan tepungnya. Hasilnya, tentu kue akan memiliki rasa gurih dari keju. Apalagi dengan taburan keju parut yang menghias di atas kue. Lidah bisa bingung, ini nastar atau kastengel. Jadi pertimbangan sebelumnya rasa apa yang ingin anda tonjolkan pada hasil akhir 😀
4. Kue nastar spesial
Biasanya spesial bisa diartikan rasanya istimewa, rasanya berkelas, rasanya uenak sekali. Nah berarti tinggal menggunakan bahan2 istimewa saja. mentega dengan wisman, selai nanasnya juga asli, jadi terasa segar nanasnya.
Oiya, untuk selai nanas, sebenarnya menurut saya yang paling enak itu selai buatan mertua saya :D, karena beliau selalu membuat sendiri selali nanasnya, jadi rasa segar nanas dan manisnya asli berkualitas. Hasil akhirnya, kue nastarnya pun jadi spesial.
5. Kue nastar nanas
Sekarang karena variasi nastar begitu banyak, jadilah ada nastar nanas, nastar kismis, nastar kurma.
Ibu saya dulu suka juga membuat nastar kurma. Adonan dasarnya sama seperti nastar. hanya saja isinya adalah potongan kurma. Tahu sendiri, kan kalau bulan puasa kurma gampang diperoleh dengan range harga yang sangat bervariasi.
6. Kue nastar empuk
Perbedaan antara empuk dan renyah ada pada komposisi telur: kuning telur dan putih telur.
Putih telur menyebabkan kue menjadi renyah, sementara kuning telur membuat kue menjadi lembut (kuning telur dan mentega ya).
Apakah kue yang renyah itu enak? Ehem.. yang pasti kalau renyah, terlalu renyah, otomatis pasti mudah hancur, dan itu berarti tampilan akhir kue menjadi tidak cantik.
7. Kue nastar yang enak
Enak itu selera, untuk saya, nastas yang enak tidak menggunakan banyak mentega wisman, bahkan tidak memakai wisman juga tidak apa, yang penting selai nanasnya nyam-nyam.

Demikian sedikit penjelasan dari saja, seputtar kue nastar lebaran.
Silahkan mencoba, nanti saya ubek2 buku resep pengingglan ibu saya lagi yaaah, siapa tau ada resep yang bagus lagi 😉

Terima kasih, selamat mencoba

resep-kue-nastar-yang-enak-dan-empuk-untuk-lebaran