Persiapan anak sebelum di sunat menggunakan metode laser
Posted on: January 7, 2015, by : windi
merawat anak setelah sunat dengan laser

VegaAminkusumo.com – Paling gak suka kalau melakukan sesuatu dengan dadakan, terlebih soal sunatan. Tapi setidaknya dengan berbagi, akan menjadi ilmu buat yang belum pernah melakukan supaya bisa melakukan lebih baik dari yang pernah saya lakukan. Dalam hal ini yang ingin saya bahas adalah persiapan anak sebelum di sunat, lebih spesifik lagi: sunat menggunakan metode laser.
Jadi ceritanya saya akan merunut ke belakang niy, untuk melist-down apa siy yang perlu disiapkan?

1.Mental si Anak

Pastikan betul si anak siap, setidaknya he knows what ?sunat? is. Si orangtua bisa mencari informasi mengenai sunat itu sendiri dari gambar2 di google atau kalau pas ketemu ?video? di youtube yang friendly bisa juga dikasih liat ke anak.
Setidaknya anak mendapatkan gambaran mengenai sunat itu sendiri
Kebetulan kalau anak-anak saya lebih karena ada keinginan untuk memiliki mainan yang agak ?mahal? dan dia mendapatkan informasi bahwa dengan sunat ?dia akan mendapatkan uang banyak? dan bisa digunakan untuk membeli mainan tersebut.
Hmm, bisa juga siy ini dijadikan salah satu alasan biar si anak ?mau? di sunat. Tapiii, kalau tetap tidak ada kemauan ya, kembali lagi ke ide awal: beri informasi sebanyak-banyaknya mengenai ?sunat?

2. Waktu recovery

Untuk metode sunat laser diperlukan waktu minimal 1,5 minggu untuk recovery, disini kondisinya adalah si anak sudah bisa pakai celana biasa dan mandi sendiri. Dengan demikian setidaknya si anak harus dalam masa liburan sekolah kurang lebih 2 minggu. Si Orangtua juga harus mengajukan cuti, paling bagus siy bisa 2-3 hari yah. Karena dengan metode laser ini ada perawatan khusus yang harus dilakukan untuk membantu recovery tadi. Contoh: membersihkan bekas luka, memberikan dan meminumkan obat, memandikan dan menggantikan baju.

3. Barang yang diperlukan

Siapkan sarung yang tinggal pakai, model rok gitu, jadi tidak merepotkan, karena setelah di sunat si anak akan lebih nyaman menggunakan sarung dan juga dapat membantu proses pengeringan luka supaya lebih cepat sembuh. Minimal punya 2 buah.

merawat anak setelah sunat dengan laser

Siapkan celana dalam sunat, celana ini akan membuat dia aman bergerak. Minimal punya 3 buah untuk ganti-ganti.

harga celana sunat di npasar tebet 25ribu

Sediakan betadine, kain kasa, dan peralatan lain yang membantu untuk membersihkan luka.
Stok Tissu yang banyak: Gunakan tissue untuk membersihkan setelah buang air kecil. Caranya tempelkan 1 lembar tissue ke penis untuk menyerap sisa urin, lalu 1 lembar lagi dicelupkan ke dalam air matang dan disentuhkan perlahan untuk membersihkan bekas urin

4. Istirahatkan anak

Jangan biarkan anak anda banyak bergerak, usahakan anak bermain dengan tenang dan melakukan aktifitas yang tidak banyak gerakan, seperti membaca buku, nonton tv atau main games. Istirahat yang cukup akan membantu dalam penyembuhan luka.

5. Perhatikan asupan makanan

Tidak perlu kuatir mengenai pantangan makanan, kecuali memang ada alergi makanan yang di derita si anak. Makan saja makanan seperti biasanya.
Tambahan vitamin diperlukan untuk menjaga imunitas si anak. Semakin fit semakin cepat pulih.

6. Dampingi Anak

Saya mau tekankan saja, tidak hanya si anak, tetapi orangtua juga harus siap mental. Karena aka nada saatnya si anak merasakan sakit luar biasa, bisa pada saat diberikan suntikan bius atau pada saat obat biusnya sudah hilang dan rasa sakit mulai menjalar pada si anak. Saya mengalami sekali pada dua moment tesebut, karena saya menyunati ke dua anak laki-laki saya bersamaan, Dan masing-masing memiliki moment kesakitan lualr biasa yang berbeda-beda.

Pada anak yang lebih tua, dia merasa sakit luar biasa saat disuntik bius. Sedangkan pada anak yang lebih muda merasakan sakit pada saat selesai obat biusnya.

Apabila si orangtua tidak siap maka bisa malah membuat anak menjadi tambah tidak terkendali. Jadi usahakan harus selalu tenang. Apabila ada terjadi hal-hal yang tidak biasa langsung saja coba googling untuk mencari informasi lebih lanjut, atau langsung temui dokter/tempat sunat dilakukan.

7. Terakhir jadwalkan control 3 hari setelah sunat. Hal ini untuk memastikan kondisi penis si anak, apakah normal atau ada kondisi yang mengkhawatirkan.

Sekian dulu sharing dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.