Memilih makanan sehat untuk ibu menyusui dengan bayi alergi
Posted on: December 16, 2014, by : windi
makanan sehat untuk ibu menyusui dengan bayi alergi

makanan sehat untuk ibu menyusui dengan bayi alergi

Sebelum melangkah ke pilihan makanan sehat untuk ibu dengan bayi alergi, sebaiknya perlu diingat bahwa dua hal penting yang harus dilakukan oleh ibu yang mengandung dan mempunyai riwayat alergi adalah:
1. Makan makanan mengandung PROBIOTIK dan
2. Usahakan untuk dapat melahirkan secara normal.

Kenapa? Karena kedua hal tersebut dapat meminimalisir lahirnya bayi dengan bawaan alergi.

“Probiotik dikonsumsi sejak trimester pertama kehamilan dan diteruskan hingga bayi lahir,” ungkap Anang Endaryanto, MD, PhD, konsultan Pediatri Alergi Imunologi RS Dr Soetomo Surabaya, kepada Kompas Health di sela Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Dokter Indonesia (PIT IDAI), di Solo, Senin (7/10/2013).

Lalu, kalau sudah terlanjur memiliki bayi alergi? Makanan apa yang harus dipilih bagi ibu menyusui? Kebanyakan Ibu malah menghindari sama sekali makanan yang dapat menjadi pencetus alergi, padahal hal ini justru tidak disarankan.

Usahakan konsumsi makanan yang menjadi pencetus alergi, tetapi dalam jumlah sedikit demi sedikit saja. Perhatikan untuk melihat kembali reaksi timbulnya alergi. Apabila kemudian berangsur mereda, dapat dipastikan alergi sudah berkurang.

Jadi pada dasarnya kita tidak perlu menghindari makanan tertentu, cukup fokuskan pada makanan sehat, alami tidak mengandung bahan kimia. Perbanyak buah dan sayuran. Untuk seafood, kembali lagi ke point sebelumnya, apabila memang merupakan pencetus alergi, makan dalam porsi yang sedikit, sambil terus perhatikan reaksi pada bayi.

Untuk alergi yang berhubungan dengan udara, mau tidak mau, orangtua harus mengkondisikan ruangan yang dapat mengurangi terjadinya alergi. Misalnya untuk alergi debu, maka usahakan ruangan tidak menggunakan karpet, cuci sprei/sarung bantal setidaknya 2x seminggu, apabila menggunakan AC bersihkan sendiri kasa-kasa penyaring udara di dalam AC setiap minggu.
Jangan berikan anak mainan berbulu.

Tidak perlu pusing lagi ya Bu, Pak memilih makanan untuk si ibu yang menyusui bayi dengan alergi. Makanan alami dan seimbang selalu jadi Solusi terbaik untuk kondisi bayi alergi ataupun non alergi.

Tetap semangat Bu!