Makanan sehat pengganti nasi untuk ibu hamil
Posted on: December 28, 2014, by : windi
makanan alternatif pengganti nasi untuk ibu hamil

Ga sedikit ibu hamil yang tiba-tiba jadi alergi sama nasi. Boro-boro bisa masuk ke mulut, kadang cium baunya aja sudah tidak tahan. Kalau sudah seperti ini pasti rada panic juga ya, harus diganti apa niy si nasi nya?

Alternatifnya banyak kok Bu, ga perlu kuatir. Yang penting jangan sampai Ibu jadi tidak mau makan dan kekurangan asupan karbohidrat.

1. Kentang dan Singkong
Coba deh kentang di bikin kentang tumbuk (smashed potato) atau bisa juga bikin kentang panggang, kripik kentang, balado kentang. Apa aaja deh pasti Ibu-ibu lebih pinter niy ngolah kentang

Singkong hamper samalah dengan kentang, coba direbus saja makan dengan parutan kelapa dan gula pasir, atau dikukus dan dihaluskan juga enak loh:

2. Ubi-ubian
Ubi-ubian juga sama seperti kentang, jadi ga usah kuatir berkreasi dengan Ubi. Bikin smashed Ubi, atau Ubi panggang, Kripik Ubi, pasti sama enaknyaaa?

3. Mie
Jangan melulu focus sama mie instan ya bu.. kalau sekali-kali pas pingin banget sih ga apa, tapi sekali ? dua kali aja ya Bu. Jangan setiap hari. ?Dan pastikan mie instannya jadi cantik dan segar seperti ini ya:
mie sebagai makanan pengganti nasi
Olahan mie pasti lebih buanyak lagi dari kentang atau Ubi di atas. Ini contohnya ya: Bola-bola mie
bola-bola mie
Atau biasanya lebih sering bikin martabak mie, tapi bikin sendiri ya bu, banyakin sayuran dan jangan pakai penyedap rasa. Cukup garam dan gula saja

4. Roti
Paling gampang lagi kalau Ibu doyan Roti, selalu saja sedia Roti Tawar di rumah. Nah alih-alih makan nasi ya makan roti tawar saja. Lauk pauk dimakan terpisah.

Bikin roti sandwich sendiri juga oke kok:

5. Jagung

Jangan makan popcorn ya Bu.. itu sih buat ngemil aja. Jagung ini paling mudah dipipil dan direbus saja dan dimakan dengan parutan keju/olesan mentega. Lauk dimakan terpisah saja.

Kalau sudah bosen coba makan perkedel jagung, atau pudding jagung atau bikin sawut jagung:
<gambar perkedel jagung >

6. Sereal/Oat meal
Nah kalau 5 pilihan tadi masih kurang, coba saja konsumsi Oatmeal Bu. Ini tidak diragukan lagi asupan gizinya. Sehat banget deh buat Ibu dan si bayi.
Paling mudah oatmeal tinggal dimasak dengan susu dan langsung dinikmati.

Nih saya kasih satu contekan bikin bubur oat yang gurih yah:

Bubur Oatmeal Salmon.

Bahan2:
Bawang bombay
unsalted butter
wortel parut
kentang parut
brokoli cincang
bayam cincang
tahu putih dihaluskan
salmon cincang
air putih / air kaldu
oatmeal

Cara membuat:
1. Tumis bawang dengan butter
2. masukkan salmon, kentang, wortel, brokoli, kemudian air.
3. masukkan tahu, bayam dan oatmeal
4. tunggu sampai semua bahan empuk
5. sajikan

7. Pasta
Eh iyaaa sampai ketinggalan pastanya nih. Dah bosen yah sama semua pilihan di atas, yuk kita coba pasta! Spageti sudah yang paling dikenal deh, dan endess ya bu.. dikasih saus bolognes. Sedap deh pokoknya. Atau mau bikin macaroni schotel, fetucini, dan lainnya.
<gambar masakan dari pasta>
Sebanyak ini, jangan sampai ibu kekurangan karbohidrat ya bu, penting banget untuk tenaga ibu menjalani hari terlebih saat ada dede bayi di dalam kandungan ibu.
Tetap semangat dan sehat ya bu!

makanan alternatif pengganti nasi untuk ibu hamil