Macaroni Schotel, Cara Membuat yang gampang dan pasti enak
Posted on: June 20, 2015, by : Vega Aminkusumo
Macaroni Scohel, Cara Membuat yang gampang dan pasti enak

VegaAminkusumo.com – Pernah makan makaroni skutel? Suka nggak? Walaupun banyak yang pernah makan dan suka, tapi tidak banyak yang tau Macaroni Shcotel, cara membuatnya yang gampang dan pasti enak ada lho.
Ini cara saya membuat macaroni schotel, penjelasan yang panjang lebar, biar pasti bisa buat sendiri nantinya 😉

Kita latihan dari bahan yang paling mudah didapat saja dulu ya. Macaroni kita ganti dengan mie instant 😀
Kebiasaan saya, kalau masak mie. Instant terlalu banyak, atau entah kenapa tidak habis, mie instant yang masih ada saya olah menjadi bentuk lain. Kalau saya kebetulan membuat, nanti saya upload deh ya, fotonya disini (kalau ingat, kalau sempat :p )
Cukup dengan meniriskan mienya (buang airnya), tambahkan sedikit garam dan merica, tambahkan 1 atau 2 telur ayam (jumlah telur tergantung banyaknya mie yang ada). Aduk agar telur dan bumbu tercampur merata, lalu pindahkan ke dalam wadah yang tahan panas, untuk dikukus atau bisa juga dipanggang.
Ini resep yang paling sederhana ya. Kita bisa mengganti mie instan dengan macaroni, atau pasta jenis yang lain. Rasanya sama ajah. Biasa banget. Enak, tapi biasa ajah 😀
Belajar dulu dengan mie instan, baru selanjutnya coba dengan macaroni atau pasta jenis lainnya ya.. Untuk macaroni/pasta saya biasanya merebus dengan menambahkan sesendok minyak goreng, tujuannya agar nanti ketika ditiriskan (dibuang airnya) pasta tidak mudah lengket satu sama lain. Yang pasti merebusnya agak lebih lama dari memasak mie instan nih 😀
Hihi, menurut saya sih, kalau dengan mie instan, dan kita pakai bumbu mie instantnya, rasanya uenak lho, bahannya murah pula 😀

Nah, bagaimana kalau mau membuat yang rasanya enak, yang agak serius dikit membuatnya? Bagaimana dong???
Asalkan bahannya ada, masalah rasa biasa ditawar deh… Bahan-bahan yang bisa ditambahkan kedalam adonan adalah:
-Kornet, ini bahan siap saji yang membuat hasil akhir jadi terasa nikmat niih. Kalau mau repot bisa buat daging giling yang sudah dibumbui (kapan-kapan saya tulis tentang ini ya, musti praktek dulu soalnya :p)
-Parutan keju, keju menambah rasa asin pada makanan, tapi tidak sekedar asin, ada rasa gurih lezat dari susu yang juga menambah cita rasa dan kolesterol serta kalori 😀
-Sayuran yang menurut saya cocok untuk adalah wortel dan brokoli.
Wortelnya dipotong dadu kecil-kecil ya, sedang brokoli, walaupun enak (menurut saya), tapi aromanya terlalu dominan, jadi hanya untuk yang sukaaa banget dengan brokoli yaah.

Macaroni Schotel

Jadi biasanya saya memulai dengan merebus macaroni/pasta dalam panci berisi air dan diberi 1 sendok minyak goreng. Sembari menunggu macaroni siap ditiriskan, kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya menyiapkan bahan2 untuk saus putih: Tepung terigu, susu cair tawar (nggak manis ya), mentega, garam, merica bubuk, biji pala, dan air 1-2 gelas. Kalau ingin menambahkan sayuran, bisa juga mulai mengupas wortel, memotong-motongnya menjadi dadu ukuran kecil dan menyiapkan daging (kornet ajah ya, yang gampang). Ketika macaroni sudah ditiriskan, biarkan dingin dahulu, karena nanti akan dicampur dengan telur sebagai pengikat. Iya, kalau telur mentah bertemu macaroni yang masih panans banget, yang ada langsung mateng telurnya :D. Sementara macaroni menunggu dingin, kita mulai fokus membuat saus putih deh.

Cara Membuat Saus Putih

Tanpa saus putih sebenarnya juga bisa yaa, jadi kalau tidak mau ribet membuat saus putih, bisa lagsung saja mencampur semua bahan lalu masukkan kedalam oven atau kukusan.?Saus putih sebenarnya lebih berfungsi sebagai penambah kaya rasa, karena pembuatannya memakai susu, biji pala, dan mentega, sudah bisa terbayang rasa gurihnya seperti apa, kan? Nah,kalau inginnya menggunakan saus putih, begini cara membuatnya ya (agak ribet nih, dan agar hasilnya bagus perlu kecepatan gerakan):

  1. Panaskan metega dalam wajan. Gunakan wajan yang cukup besar ya, karena nanti akan ada tepung terigu dan susu cair. Setelah mentega mencair, masukkan tepung terigu.
  2. Sambil tepung terigu masuk, adonan langsung diaduk, agar semua tepung merata mendapat mentega cairnya. kemudian masukkan susunya.
  3. Ketika memasukkan susu, yang perlu dijaga adalah jangan sampai adonan gosong, jadi tetaplah semangat untuk mengaduk masakan 😀 . Tekstur yang diinginkan adalah saus putih yang bertekstur halus tidak ada gumpalan-gumpalan tepung. Air bisa ditambahkan untuk mempermudah menghaluskan adonan dalam prosesnya. Saat ini juga waktunya menambahkan bumbu-bumbu.
  4. Sambil tetap diaduk untuk menghaluskan adonan, merica dan garam bisa ditambahkan. Sedikit gula pasir juga boleh ditembahkan untuk mempertajam rasa. Sedangkan biji pala, dimasukkan dalam bentuk parutan, ketika saus putih sudah cukup memuaskan bentuknya. Aduk rata, jangan lupa cicipi yaa, saus putih sebaiknya tidak terlalu asin, makin terasa susu akan makin enak sekaligus makin enek (jadi pertimbangkan saja). Kalau saya sih lebih senang tidak terlalu banyak susu, karena nanti akan ada keju yang ditambahkan dalam campuran akhir. Tapi yang paling penting adalah aroma dan sensasi biji pala. Menurut saya ini yang membedakan. Nuansa sensasi biji pala membuat rasa saus putih jadi berbeza 😀

cara-membuat-saus-putih-untuk-macaroni-schotel

Nah, kalau saus putih sudah siap, macaroni juga sudah siap, jangan lupa siapkan bahan yang lain: potongan wortel dan sayur (kalau mau), daging kornet (atau daging cincang berbumbu), keju siap diparut yang banyak (makin banyak makin enak nih), telur ayam (kalau mau telur puyuh atau telur penyu boleh2 saja loh, tapi saya belum pernah coba dengan selain telur ayam, yaa. Sekian.)

Kalau cara saya, cara gampang, ya. Semua bahan masuk ke dalam panci. Adonan semua sudah tidak panas lagi ya, hangat2 sedikit masih nggak apa, lalu aduk sampai rata. Jumlah telur disesuaikan dengan banyaknya adonan saja. Setelah teraduk rata, tuang ke dalam wadah tahan panas (bisa cetakan bisa piring khusus), lalu langsung masuk ke dalam kukusan atau oven pemanggang. Panaskan hingga matang deh. Oiya,?jika adonan dipanggang, sempatkan untuk memberi taburan keju parut di seluruh permukaanya. Karena nanti ketika matang rasanya pasti nikmat banget. Oiya, sumber utama rasa gurih dan nimat macaroni schotel ini berasal dari saus putihnya (makanya tadi musti dicicip). Tidak perlu menambahkan gulu/garam/merica lagi ketika kita mencampur seluruh bahan. Iya, biar makin enak tinggal mainkan jumlah parutan kejunya saja deh :D. Kalau dipanggang namanya jadi Macaroni Schotel Panggang, Kalau di kukus namanya jadi Macaroni Schotel Kukus. Dan karena buatnya di Jakarta, boleh dong disebut Macaroni Schotel Jakarta…, muehehehe *maksa*

Naah, untuk yang tidak menggunakan saus putih, tentu saja harus diberi bumbu. garam dan merica, serta bubuk kaldu ayam (kalau mau). Hihi, kalau dengan mie instan, kita bisa pakai bumbu mie instannya dengan takaran 1/2 dari takaran dalam saran penyajian.

Kalau cara yang agak rapihan, ya kali senang dengan keteraturan, pastayang dicampur telur di tuang sidikit dulu dalam wadah tahan panas, lalu ditaburin sayuran isi, lalu di tuang saus putih selapis tipis, lalu dituang pasta lagi, kemudian daging. kemudian saus… begitu terus dikerjakan lapis demi lapis… nggak asik. Itu seperti lasagna jadinya hanya lasagna nggak pake telur lagi dan nggak dikukus hehe 😀

Demikian yang biasa saya kerjakan. Duluuu, jaman anak baru satu, menu macaroni ini menjadi salah satu menu andalan untuk si kecil. Begitu si kecil sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat, macaroni skutel ini menjadi andalan bekal anak kalau bepergian jauh (anak diatas 1 tahun). Dan karena untuk anak, saya senang manggunakan wortel dan brokoli sebagai sayuran tambahannya. Sekalian untuk?menambah?gizi juga. Memasaknya dikukus menggunakan wadah rantang susun 2 stainless steel yang ukuran kecil. Jadi ketika pergi ada 2 rantang kecil persediaan makan. Karbohidratnya dari pasta dan tepung, sayurnya ada, proteinnya dari susu dan keju. Teksturnya cukup lembut untuk anak, dan yang lebih penting lagi, jika tidak habis dimakan anak, saya bisa ikut makan. Uenak khaaan? 😀

Macaroni Scohel, Cara Membuat yang gampang dan pasti enak
ini beneran rasanya enak ya. Sayang fotonya terburu-buru, sudah ditunggu, mau di habiskan soalnya 😀