Eksis gratis di blog dengan wordpress.com
Posted on: June 1, 2014, by : Vega Aminkusumo
belajar-membuat-blog-gratis-dengan-wordpress.com

VegaAminkusumo.com– Bagi yang terbiasa menulis blog di blogger (blogspot.com) biasanya akan agak kebingunan ketika memulai mencoba eksis di wordpress.com. Saya dulu begitu juga 😀 hehe. Namun setelah paham, jadi lebih senang menulis di wordpress.
Sebenarnya untuk cara penulisan, menambahkan link hidup, menebalkan/mengganti bentuk font, ukuran huruf, dll, tidak jauh berbeda seperti blogspot.
Hanya masalah letak menu saja dan nama menunya. Tapi bagi yang terbiasa menulis di blogsppot seperti saya dulu, sempat dibuat bingung beberapa saat :p

Kita mulai saja yaaa, langkah2 membuat blog di wordpress.com.
1. Membuat username wordprees. Menuju http://wordpress.com kemudian klik “get started
2. Isi data email (email aktif), username yang diinginkan, password, url blog yang diinginkan
3. JIka url yang diinginkan masih tersedia, akan pilihan untuk membuat dengan free atau berbayar, pilih “free
4. klik “create blog
wordpress menawarkan fasilitas blog gratis dan berbayar. Untuk blog gratis, tentu saja ada batasan penyimpanan file, dan akan ada iklan dari wordpress yang muncul di blog kita.
(Berbeda dengan blogger.com, blog gratis dan tanpa iklan, bahkan kita bisa memunculkan adsense di blog jika ingin mendapatkan penghasilkan dari iklan yang muncul dan di klik pengunjung)

Langkah selanjutnya sebenarnya bisa diedit nanti jika sempat (judul blog, tag line, theme, dll), namun jika sudah siap silahkan saja langsung mengeditnya 🙂

Untuk memudahkan, yang sebaiknya dipelajari adalah dimana/bagaimana cara masuk ke bagian dashboard blog. Arahkan mouse ke bagian kiri atas (klik judul blog)< akan muncul menu ke bawah, klik “dashboard“.
Tampilan dashboard akan muncul di sisi kiri, dan tidak jauh berbeda dengan blogspot untuk beberapa menu.
Untuk melakukan posting artikel, bisa klik “post“, kemudian bisa langsung klik “add new” atau bisa meliha semua post dahulu klik “all post“.

Untuk lebih mudah, bisa menyimak video tutorial cara membuat blog gratis di wordpress.com di bawah ini 🙂