Cara Paling Santai Mengajari Anak Belajar Membaca Dan Menulis
Posted on: January 6, 2015, by : Vega Aminkusumo
anak belajar membaca dan menulis

VegaAminkusumo.com – Ini salah satu status facebook saya yang cukup panjang, dan daripada hilang ketimpa status yang lain ada baiknya saya abadikan menjadi artikel di blog. Kebetulan membbahas seputar cara saya mengajari anak membaca. Cara gampang, dan saya yakin semua orang tua bisa mempraktekkannya. Cuma belum tentu sanggup sabar ajah 😀

Gak boleh bikin status yg susah2…
Ya udaaaah….
Kali ini status emak emak jak yah…
Duuh senengnyaaa
Mumu sudah mulai paham konsep baca tulisnyaaaa.
Alhamdulillah.
Akhirmyaa kesabaran sy ada hasilnya.
Bukaaan..
Bukan kesabaran ngajari baca tulis..
Justru sebaliknyaa
Kesabaran menunggu mumu bisa baca tulis sendiri..
Ehh.. benerrr loh.
Saya mah ngajarinnya mana sabarr..
Anak2 kan kl sama emaknya pasti manja.. dikit2 ngeluh, dikit2 ngga bisaa..

Kl dulu pas aria, saya tegaa, tiap hari sy minimal 1 halaman iqro, 1 halaman itungan,1 x baca. Kl gak, gak boleh maen..
Nah kl mumu.. manalah tegaaa..
Secara anak cewek, di marahin dikit ajah lgs lari ngambek, .naik tempat tidur, tutupan bantal…
Gak tega.
Jadi yah.
Biarin ajah.
Toh katanya, teorinya, anak akan bisa baca dengan sendirinya ketika siap.
Jadi yaa, sy modal sabar ajah..menunggu waktunya tiba.

Tadinya sy kira bakal seperti menunggu godot lho.
Dah kepikiran juga buat masukin mumu ke sekolah baca gitu.
Soalnya alfabet dia sdh tau.
Walopun awalnya bingung antara alfabet pake bahasa indo sama bahasa bule.
Tapi lama2 bisa terbiasa.
Saya biarin ajaaaaah..dengan sabarrr
Ya mo gemana lagi?
Krn dah terbiasa belajar mandiri, tu anak kl ngerasa diajarin, pasti gak nyampe lama udah byk alesan..
Jadi yaa… saya sabar saja..
Nunggu ditanya.
Kl ditanya tinggal jawabin deh, dengan baik dan benar..
Dannn akhirnya kesabaran saya menunggu godot terbayar sudah.
Mendadak dr kemarin mumu mulai mnwulis apa yg dia ucapkan.
Ini, di lafalkan dulu baik2, lalu dipikirrr, trs ditulisss.
Tau2 udah banyak aja tulisannya.
Dan itu memangdia yg iseng nulis.

Wah wah. Dimana peran saya sbg emaknya nih? Udah gk kerja, dirumah ajah, anaknya disuruh belajar sendiri???
Saya cuma bantu2 dikit ajah..
Gak banyak..
Yg penting selalu ada kapanpun dia kebingungan
Iyaaalaaah… pastinya sambil fban, ..
Utik utik blog, upload2 yutub, plus sesekali main game juga laaah..

Jangan tanya kenapa saya bisa sesabar ini..tanpa terlihat kuatir mumu tertinggal kl dibanding anak2 seumurnya..
Karena jawaban sayaaaaaah…
Biasa aja kaliii..

Hanya saja mampu membaca lebih awal terkadang memberikan PR yg lebih berat bagi orang tua.
Bukan dalam hal mengajarinya membaca.
Tapi setelah anak bisa membaca.
Diantara 2-nya adalah
1. memberikan penjelasan yg benar pada setiap kata yg terbaca anak, entah itu dari tembok pinggir jalan, berita utama koran, majalah, dan lain lain.
2. Menjaga keingintahuannya akan bentuk, ruang dan gambar tetap terjaga.
Karena begitu anak bisa membaca ,, semua akan dibaca dulu.

Happy Reading, Mumu 🙂
anak belajar membaca dan menulis