Cara merawat anak setelah disunat dengan metode laser
Posted on: January 8, 2015, by : windi
Cara merawat anak setelah disunat dengan metode laser

VegaAminkusumo.com- Setelah kita persiapkan untuk menyunat anak kita dengan metode laser sebagaimana dijelaskan di artikel sebelumnya, nah sekarang saatnya kita merawat anak yang telah disunat dengan menggunakan metode laser.

Ajari anak bagaimana membasuh alat kelaminnya saat BAK atau BAB.
Saya copas lagi yah dari dari artikel sebelumnya cara membasuh menggunakan tissue setelah BAK:

1. Gunakan tissue untuk membersihkan setelah buang air kecil.
Caranya tempelkan 1 lembar tissue ke alat kelamin untuk menyerap sisa urin, lalu 1 lembar lagi dicelupkan ke dalam air matang dan disentuhkan perlahan untuk membersihkan bekas urin

Untuk BAB sebaiknya dibantu Ortu terlebih dahulu karena agak susah membasuh bagian belakang, dan dikhawatirkan kalau dilakukan sendiri kurang bersih dan menyebabkan ruam/iritasi pada bagian dubur.

2. Gunakan celana khusus yaitu celana sunat, sebaiknya diganti pagi sore, jadi minimal harus punya 3pc celana sunat. Lebih akan lebih baik.

3. Gunakan sarung instan. Minimal juga harus punya 2, yang diganti setiap harinya.

Cara merawat anak setelah disunat dengan metode laser
Selesai khitan, bantu anak agar nyaman

4. Perhatikan kegiatan anak, jangan biarkan mereka melakukan kegiatan yang banyak gerakannya. Berikan mereka kegiatan yang menyita waktu tetapi tidak perlu banyak gerakan seperti: membaca buku, bermain games, atau menonton film kesukaan mereka.

5. Perhatikan jadwal minum obat anak, pastikan anak meminum obat pasca sunat sesuai instruksi dari dokter/orang yang melakukan sunat tersebut. Apabila harus diminum sesudah makan, maka anak harus sudah makan sebelum meminum obat ini. Dengan minum obat teratur dan sesuai anjuran maka proses penyembuhan tidak terganggu.

6. Jadwal kontrol
Bawa anak kontrol ke tempat sunat setelah 3 hari untuk melihat dan mengecek apakah kondisi alat kelamin yang telah disunat sudah sesuai yang diharapkan?

Apabila terjadi pembengkakan apakah normal?

Apakah anak mengalami demam?

Apabila terjadi penyumbatan pada saluran pipis apakah masih normal?

Penyumbatan pada saluran pipis ini bisa terjadi apabil pada saat disunat, ternyata alat kelamin si anak belum mengalami pelepasan kulit sehingga dilakukan pelepasan kulit terlebih dahulu oleh dokter/yang menyunat dan setelah tindakan ini maka akan keluar lendir-lendir yang menutupi sebagian alat kelamin si anak di beberapa hari setelah anak disunat dan bahkan bisa menutupi jalur keluar urin.

Apabila ini terjadi, tidak perlu panik. Hal yang perlu dilakukan adalah: baringkan si anak, pegang alat kelamin si anak, dirikan, lalu tetesi betadine dari arah atas, dan biarkan betadine mengalir turun dari lubang urin sehingga terbuka kembali saluran urin tersebut. Apabila kuatir saat melakukan ini, bawa saja kembali ke tempat sunat agar dibantu oleh dokter/orang yang melakukan sunat di tempat tersebut.

7. Sesekali alat kelamin yang baru disunat perlu diangin-anginkan agar cepat mongering. Jadi apabila selesai dibasuh pada pagi hari, si anak tidak perlu dipakaikan celana sunat atau sarung untuk beberapa saat. Memang agak jengah dilihat, mungkin si anak dapat sambil tiduran di kamarnya sambil dipasangkan kipas angin yang mengarah ke tembok. (kalau mengarah ke anak dikhawatirkan si anak bisa masuk angin)

8. Asupan makanan
Tidak perlu pantangan dalam soal makanan, itu hanya mitos saja. Berikan makanan apa saja, dan pastikan anak cukup asupan gizi.

Orangtua harus selalu dalam keadaan tenang, terus pantau kondisi si anak setiap hari. Lihat perkembangan kesembuhan pasca sunat.
Semoga lekas sembuh dan segera lincah beraktifitas kembali ya anaknya dan pasti orangtuanya juga jadi ayem deh ?