Menggunakan semrush dalam melakukan riset kw
Posted on: December 18, 2014, by : Vega Aminkusumo
cara.riset.keyword.yang.benar.dengan.semrush

cara.riset.keyword.yang.benar.dengan.semrush

VegaAminkusumo.com – Senin lalu saya kebagian rejeki ilmu mahal. Mahal karena di ajarkan langsung oleh ahlinya dan privat pula 😀
Semrush termasuk tools software yang favorit untuk masalah riset keyword untuk kata kata dalam bahasa Inggris. Dan akhirnya… paham juga cara menggunakan Semrush dengan benar.
Saya ulas di sini agar tidak hilang yah.

Semrush sederhananya seperti google keyword planner, namun data yang diperoleh bisa sangat banyal dan bervariasi. Yang perlu dipahami adalah, kumpulan keyword yang bisa didownload dari semrush adalah hanya 10.000 keyword. Itulah mengapa sebelum mendownload hasil perolehan semrush, kita selalu memfilter lebih dulu. Agar hanya mendownload keyword yang masih mudah persaingannya.

Memahami istilah dalam semrush dalam melakukan filter.
1. Search result. Angka ini menunjukkan berapa banyak kw yang bisa memunculkan kw tertentu. Misal kw “lemon” . Kata lemon dalam artikel ttg otomotif bisa ikut muncul ketika seseorang mengetik “mobil idaman”. Nah berapa jumah kw yang akan memunculkan kata “lemon”
Jadi, logikanya semakin tinggi search result tentu semkin sulit.
Dalam melakukan filter berdasarkam search result, filterlah secara bertahap, 1jt sampai paling rendah 10rb. Perhatikan jumlah kw yang tersisa, karena nanti akan data kumpulan kw tersebut masih akan melalui beberapa filter lagi.
2. Comp. (Competition). maksudnya lebih kepada persaingan pengiklan. Jadi pemahamannya, makin tinggi nilainya berarti makin banyak yang beriklan. Angka yang ditunjukkan dalam kolom ini berkisar antara 0 sampai 1. Artinya dari hampir tidak ada satupun yang beriklan dengan kw tersebut hingga sangat banyak yang beriklan dengan kw terbesut. Artinya juga, tampilan iklan yang muncul di website adalah sekedar iklan yg ituuu itu saja, saking gak ada yg ngiklan terus sama google di titipi iklan ajakan gabung bikin email gmail dan sejenis iklan garing lainnya 😀 ?(jika menggunaka kw dengan nilai comp. 0) ; sampai iklan cantik yang sangat bervariasi berganti-ganti karena banyak iklan yang antri tayang (jika menggunakan kw dengan nilai comp. mendekati 1.
3. Volume adalah jumlah kw tertentu dalam sebulan. Pilihlah volume diatas 100. Yaa, akalu ingin memilih di bawah 100 juga gak apa-apa sih 😀
4. cpc (cost per click) nilai per klik iklan dengan kw tertentu. Hal ini tidak terlalu penting, namun jika data kw masih bisa difilter lagi, silahkan saja, tentukan minimal harga per kliknya, makin mehel makin menggiurkan 😀 . ?Menggunakan kw dengan cpc yang tinggi artinya nanti jika pengunjung datang ke situs kita karena mencari kw tersebut, maka iklan yang dimunculkan disitus kita adalah iklan yang sesuai kw, jadi bila kita memilih kw dengan cpc mahal….. ?iklan yang muncul nanti jika diklik sekaliii saja oleh pengunjung, rasanya ademmm di hati 😀

Setelah selesai melakukan filter, data bisa di export dalam bentuk excel, kemudian di filter lagi dalam keadaan offline di lembar excel.
1. buat kolom baru dengan rumus untuk melihat jumlah kata pada tiap2 kw. rumusnya:
“=IF(LEN(TRIM(B9))=0,0,LEN(TRIM(B9))-LEN(SUBSTITUTE(B9," ",""))+1) ” ganti B9 dengan kolom kw dari data.
2. Mulailah melakukan Allintittle dari kw yang paling panjang / paling banyak jumlah katanya. mencari allintittle dilakukan pada google search, bertujuan melihat jumlah pesaing yang sama-sama menggunakan kw tersebut. PIsahkan kw yang memiliki allintitle di bawah 1000. jadikan kw tersebut prioritas untuk dibuat menjadi artikel.
3. Cari turunan dari kw yang sudah terpili, untuk nanti ikut disebut dalam artikel.