Cara Gampang Memasak Sup Jagung, Pasti Enak
Posted on: December 27, 2014, by : Vega Aminkusumo
resep sup jagung kental yang enak

VegaAminkusumo.com – ?Pernah mencicipi sup yang rasanya agak kental dan isinya dominan jagung? Sup yang rasanya manis gurih, enak, dan rata-rata anak-anak sukaaa banget? Itu sup jagung 🙂 Kebetulan kemarin saya masak sup jagung, hanya variasi isinya saja saja tambahkan beberapa bahan yang menambah gizi namun tidak merusak rasa. Ini sebenernya masakan yang paling gampang, bahkan pertama kali bisa masak yaa sup jagung ini, dengan versi lebih praktis tentunya. Bayangin sup jagung kental dengan semburat telur, dengan potongan wortel dan bakso nyam nyam… Silahkan dicoba ya resepnya, ini sudah cara paling gampang loh 🙂

Resep Sup Jagung Praktis

Bahan2: jagung manis, telur ayam, bawang putib, bawang bombay, daun bawang, dan seledri, gula, garam, merica, tepung maizena, air.

Cara memasak:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay (bawang bombaynya di potong2 dulu ya, bawang putih cukup di geprek). Ketika wangi lezat bawang sudah tercium aromanya, masukkan tumisan ke dalam panci berisi air. Caranya, agar semua minyak tumisan ikut masuk, tuangkan sedikit air pada wajan, tidak usah kuayir dengan bunyi “sreng” akibat air bertemu dengan minyak di wajan panas, kemudian tuang semua ke dalam panci yg sdh disiapkan. Ini akan memudahkan membersihkan wajan juga lho hehe. Oiya, jika hendak menggunakan tulang ayam, atau daging ayam mentah, setelah bawang tis mengeluarkan aroma wangi, masukkan ayam atau tulang untu kaldunya dulu ke dalam tumisan bawang, goreng bersama sesaat sampai setengah matang, baru tuangkan air dan pindahkan ke panci.

2. Sementara sambil menunggu air di panci mendidih, kita mulai memasukkan bahan2 lain. Dimulai dari jagung diiris bulir2nya, semua bagian jagung: tulang dan bulirnya kita masukkan ke dalam panci. Jagung adalah bahan yang pertama kita masukkan karena perlu waktu agak lama untuk menjadi empuk dan benar2 matang. Bersaman dengan jagung, kita masukkan daun bawang dan seidkit daun seledri. Tidak perlu dipotong2 ya, karena fungsinya sebagai penywdap rasa, jadi nanti ketika sup sudah masak kita mudah mengeluarkannya dari masakan.

3.Masukkan bahan daging olahan Jika ingin menambahkan bakso atau sosis, ini saat yang tepat. Jangan lupa beri sedikit gula dan garam pada masakan agar asin pada bakso tidak hilang melarut ke dalam kuah masakan.

4. Masukkan bahan2 lain. Jika ingin menambahkan sup dengan sayur atau yang lain, ini saat yang tepat. Masukkan potongan bakso, atau sosis, atau potongan kornet terlebih dahulu. Ingat, jika kita mulai memasukkan bakso atau sejenisnya, jangan lupa menambahkan sedikit garam dan gula, agar asin pada bakso tidak melarut ke dalam kuah masakan.

5. Jika ingin menambahkan sayur, pilih yang rasanya netral agar tidak merusak rasa. ?Yang paling cocok dengan sup jagung bisa di coba menambahkan wortel. Memotong wortel menjadi kotak2 kecil agar serasi dengan bulir jagung yang juga kecil2 tidak menjadi keharusan kok, itu cuma masalah tampilan yang menarik. Bahan lain yang cocok untuk sup jagung ini adaah kembang kol dan macaroni. Masukkan terakhir karena kembng kol sangat cepat matang, dan macaroni juga dimasukkan dalam keadan sudah direbus. Tunggu semua sayur terlihat matang, baru kita tambahkan maizena. Sebelum maizena masuk, jangan lupa keluarkan tulang jagung dari panci, masukkan potongan daun bawangnya 😀

6. Penambahan maizena tujuannya untuk mengentalkan kuah sup. Jadi saat maizena ditambahkan, cicipi dulu ya, garam, gula, merica. Larutkan maizena 1-2 sendok makan kedalam air matang dingin. ?Masukkan larutan maizena le dalam panci, sedikit demi sedikit, sambil kita aduk supnya, agar maizena tersebar merata jadi tidak ada gumpalan maizena. Tidak usah kuatir jika sup tidak terlihat kental, nanti akan mengental sendiri. Selanjutnya siapkan telur.

7. Pecahkan telur dalam wadah, kemudian aduk rata agar putih dan kuning tercampur baik. Tips memasukkan telur ke dalam sup sebenernya tidak sulit. Jika ragu, kita bisa tambahkan sedikit air matang ke dalam telur sebelum dituang ke dalamsup.

8. Menambahkan telur. Kecilkan api, kemudian tuang telur yang sudah encer secara perlahan, sambil sup diaduk satu arah. Tujuannya agar telur menjadi berbentuk semburat yang cantik, tidak hancur, tapi juga tidak menggumpal. Hasilnya nanti telur akan tersebar merata pada kuah, tanpa terasa itu adalah telur. Segera matikan api. Jika ingin menambahkan minyak wijen, inilah saat yang tepat. Sesendok minyak wijen sebagai penambah aroma. Sup jagung sudah siap di sajikan.

9.Menyajikan sup jagung. Yang paling standar adalah bawang goreng, namun tidak semua suka, jadi terserah saja seauai selera. Tapi yang paling wajib adalah merica. Menyajikan sup jagung musti ada merica, ?hehe… sesuai selera juga siich..

Selamat mencoba 🙂

Jpeg

Nah, kalau. Sup jagung buatan saya, seperti di foto, bahannya tinggal tambah: bakso, kornet vigo, kembang kol dan macaroni, ya.., kalau dengan bahan paling dasar, jagung dan telur, percaya deh, rasanya juga enak.

Cara masak sup jagunv lwbih praktis lagi? Tanpa bawngan? Tinggal hinakan bumbukaldu royco daging sapi. Gunakan jagung krim kalengan dan sosis kaleng. Praktis banget deh.