Bumbu, Bahan Dan Cara Memasak Sayur Lodeh Khas Jawa Tengah
Posted on: January 20, 2015, by : Vega Aminkusumo
bumbu bahan dan cara memasak resep sayur lodeh khas jawa tengah gampang pasti enak

VegaAminkusumo.com- Sayur yang ini rasanya benar-benar khas Indonesia. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar atau tukang sayur, dan relatif tidak mahal juga. ?Gara-gara ayah saya suka sayur lodeh, dan anak-anak ternyata kalau makan dengan lodeh bisa lahap, jadi saya sering masak sayur lodeh ini. ?Enaknya lagi, makin lama, rasanya makin enak loh. benerr, coba ajah. Dan karena ayah saya dari Jawa Tengah, ya otomatis namanya jadi sayur lodeh khas jawa tengah. Padahal sih, mau sayur lodeh khas sunda, sayur lodeh khas kawa timur, sayur lodeh labu siam, sayur lodeh kacang panjang, sayur lodeh terong, dll., itu cuma masalah isi dan selera memasaknya. Bumbu dan bahannya ya, sama. Cara masaknya juga sama ajah 🙂 Saya share cara memasaknya ya, bumbu2nya, bahan2nya dan detail cara masaknya, termasuk kalau memasak menggunakan bumbu instan Raciknya Indofood deh, kan ada yang Racik Sayur Lodeh, hihi, beberapa kali pakai yang instan2 juga 🙂

Kita langsung ke cara memasak sayur lodeh yaa.
Untuk bahan, seperti biasa, memakai bahan dasar untuk sayur: Brambang, bawang, gula, garem, salam, laos. Dan tambahkan unsur penting sayur lodeh, yaitu santan.

bumbu bahan dan cara memasak resep sayur lodeh khas jawa tengah gampang pasti enak
sayur lodeh masih di panci aja keliatan enaknya

Resep Sayur Lodeh

Bumbu yang harus disiapkan:
-Bawang merah
-Bawang putih
-Gula
-Garam
-Salam
-Laos
-Santan (Air sari kelapa)
Penjelasannya:
-Bawang merah dan bawang putih di haluskan, dengan sedikit garam. Untuk jumlahnya, sebearnya tidak ada takaran yang pasti, pokoknya bawang merah lebih banyak dari bawang putih, kira2 3:1 . Semakin banyak bawang2an tentunya rasa sayur akan semakin tajam, jadi jangan terlalu pelit yah. Tapi tentu saja jangan terlalu banyak juga. Minimal bawang merahnya 3 siung yang gendut2, jadi bawang putihnya bisa dikira-kira berapa siung 🙂
-Lengkuas cukup 1-2 ruas jari, di cuci bersih, dan di geprek.
-Daun salam 2-3 lembar
-Santan diambil dari 1 buah kelapa, diparut, kemudian di peras, diambil airnya. Untuk memudahkan, sebelum memeras parutan kelapa bisa ditambahkan segelas air dulu.
-Gula dan garam secukupnya sesuai selera.

Sayuran yang disiapkan:
-Daun So (Daun melinjo) dan buah melinjo
-Terong
-Labu siam
-Kacang panjang
-kol
-jagung manis
-wortel
Alternatif penting yang bisa menambah kenikmatan:
-cabe hijau
-petai/ terasi / tempe busuk
Penjelasan:
-Untuk masalah jumlah tergantung selera dan berapa banyak kuahnya yaa. Maksudnya, kalau memang sukanya labu siam, dan terong, sayur yang lain bisa dikurangi atau bahkan tidak dipakai.
-labu siam, sebelum mengupas dan memotong kecil2, belah labu siam menjadi dua dulu, kemudian, permukaan yang terbelah saling di gosok satu sama lain, dan diamkan beberapa saat dulu (5 menit). Baru kemudian dikupas kulitnya dan dipotong kotak2. Tujuannya agar getah labu siam keluar, jadi ketika di masak tidak teralu bergetah lagi.
-Terong dikupas, lalu dipotong2. Untuk terong, sebaiknya segera masukan ke dalam panci berisi kuah sayur begitu dipotong, agar tidak jadi hitam, tampilanya kan jadi tidak cantik.
-Kacang panjang, jagung, wortel, dan kol di potong2 seperti biasa saja.
-cabe hijau, dibelah 2, dipotong miring. Cabe hijau ini memberikan cita rasa tersendiri untuk saur lodeh. Jika tidak ingin terasa pedas bisa dibuang dahulu biji cabenya sebelum di masukkan ke dalam panci sayur. Jika tidak ingin pedas sama sekali, cabe hijau bisa dimasukkan dalam keadaan utuh, tanpa dipotong dulu. Jika ingin terasa pedas, yaa.. silahkan masukkan potongan cabe hijau sebanyak-banyaknya.
Naaah ini dia rahasia sayur lodeh yang enak nikmat maknyuss dan nyam nyam:?Bahan terpenting untuk sayur lodeh itu tempe busuk! Saya biasanya sengaja menyimpan sepotong (setengah papan kecil) tempe di dalam kulkas, dan mendiamkannya beberapa hari, sampai tempe menimbulkan aroma yang agak menyengat. Perlu diperhatikan, busuk disini juga jangan terlalu busuk yah, kalau terlalu busuk rasanya juga nggak keruan. Tempe busuk ini di haluskan dulu sebelum dimasukkan ke dalam panci sayur.
-Alternatif penyedap selain tempe busuk, kita bisa menggunakan petai, ambil beberapa mata petai yang sudah cukup tua.
-Atau jika tidak suka petai, bisa diganti dengan menambahkan terasi ke dalam sayur lodeh. Jangan lupa terasi di goreng kering dulu sebelum diolah ya, bisa dihaluskan bersama-sama bawang2an atau terpisah. Berapa banyak terasi tergantung selera masing2, tentunya. yang pasti jangan terlalu banyak karena nanti rasanya tidak seperti sayur lodeh lagi, kalau dominan rasa terasi 🙂

Cara memasak sayur lodeh agar nikmat dan tidak ribet.

Berbeda dengan sayur sop atau sayur asem, Lodeh ini ajaib. Karena semakin lama, sayur akan terasa semakin enak. Begitulah, biasanya itu khas dari sayuran dengan santan, makin lama, makin enak.
Dan enaknya lagi, makin matang sayuran yang dimasak, rasanya pun makin lodeh banget. Jadi kita tidak perlu bingung mengenai urut-urutan, sayur atau bumbu mana yang di masukkan lebih dulu kedalam panci berisi air untuk kuah sayur. Jadi saya ceritakan saja bagaimana biasanya saya memasak sayur lodeh yaa, step by stenya 🙂

Memasak Sayur Lodeh.
1. Pertama saya siapkan panci sayur ukuran besar, dengan air 2/3 penuh. Panaskan diatas kompor.
Selanjutnya saya mulai menyiapkan bumbu dan bahan2 lainya.
2. Laos, dikupas, digeprek, lalu masukkan ke dalam panci. Salamnya juga, jangan tertinggal.
3. Mulai menyiapkan bawang putih, di geprek buang kulitnya, bawang merah kupas, iris tipis, lalu bawang2an ini di haluskan bersama sesedok kecil garam. Setelah halus, langsung masukkan ke dalam panci sayur. Jika penyedap yang digunakan adalah tempe busuk atau terasi, bisa sekalian dihaluskan bersama dengan bawang2an, tapi menambahkannya setelah bawang halus yaa. Kalau langsung banyak, bawangnya susah halusnya 🙂
4. Biasanya saya mulai dari sayur yang paling lama matengnya. Kalau menggunakan jagung dan melinjo, biasanya setelah bumbu masuk saya siapkan jagung, kupas cuci bersih dari rambutnya, lalu potong2 kecil, masukkan ke dalam panci. Melinjo juga, cuci bersih, lalu masukkan dalam panci.
5. Karena labu siam harus didiamkan dahulu, biasnaya saya sempatkan membelah labu siam, dan menggosok2kan kedua belahannya, lalu membiarkannya, sementara itu saya lanjut memotong cabe hijau (dibuang bijinya atau tidak sesuai selera), dan langsung masukkan ke dalam panci. jangan lupa menabahkan sesendok gula, dan sedikit garam.
6. Wortel termasuk sayuran terakhir yang masuk. Wortel dicuci, kupas, potong2, lalu masukkan ke dalam panci, lalu daun melinjo, dipilih yang muda, cuci bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Terakhir kol dipotong2, cuci bersih masukkan ke dalam panci. Sampai disini rasa sayur lodeh mustinya sudah cukup asinnya, jangan lupa mencicipi sesendok kecil kuah lodeh ya. Kalau belum terasa asin sama sekai, tambahkan garamnya lagi. Menambahkan garamnya jangan langsung banyak, dan aduk dahulu sebelum mencicipi lagi.
7. Terakhir jika rasa sayur lodeh sudah cukup bergaram, kita masukkan santannya. Penambahan sntan tentu sama saja dengan penambahan volume air, berarti setelah sayur mendidih lagi, kecilkan api dan sempatkan untuk mencicipi kuahnya lagi ya. Sayur lodeh yang enak itu rasanya gurih, dengan asin yang pas. Ini saat terakhir kita menambahkan garam dan mengaduk sayur, sebelum mematikan kompor.
Biasanya kalau saya, jarak antara santan masuk ke dalam panci dan mendidih sampai api di matikan tidak terlalu lama, sekitar 2-3 menit saja. Itu sudah dengan cicip-cicip segala yah. jadi tidak lama.
Waktu antara memulai memasak air sampai sayur matang juga tidak lama, lebih kurang 30 menit saja. Cepet banget khaaan 🙂

Nah, apalagi kalau sekarang ini kan ada bumbu instan raciknya Indofood yang sayur lodeh. Saya juga sering lho masak sayur lodeh pakai bumbu instan yang satu itu. Rasanya juga lumayan, enaaaaak. Hasilnya seperti lodeh beneran.
Tipsnya jika menggunakan bumbu instan sayur lodeh adalah:
Tetap menambahkan daun salam dan lengkuas di geprek.
Tetap menggunakan tempe busuk atau petai atau terasi.
Menggunakan santan dalam kemasan hasilnya enak juga lho. Tapi tetep lebih uenak kalau menggunakan santan asli dari kelapa parut yang di perasss.
Tidak ada ketentuan khusus kapan menambahkan bumbu instan raciknya, tapi.. kalau saya, biasanya pas awal-awal. Santan tetap paling terakhir yaa, dan tidak lama setelah santan masuk, matikan api.

Menu Lauk Yang Cocok Untuk Sayur Lodeh

Nah, walaupun masalah lauk sebenernya selera ya, tapi kalau menurut ayah saya (dan saya pun menyetujui) sayur lodeh itu paling nikmat dimakan dengan nasi putih, ditemani dadar telur sebagai lauknya. Dan sebagai pelengkap kenikmatannya paling pas sambal terasi dan kerupuk gendar (kerupuk uli).
Enak yaaah, enak banget deh, walaupun biasanya saya menikmati sayur lodeh dengan sambal instant dalam kemasan sachet, tetap nikmatnya… bikin nggak sadar kalau makan banyak. Yang penting sambalnya sambal terasi yaa, cita rasa terasinya menambah kaya rasa lodeh yang dimakan.
Selain dadar telur, cocok juga dengan goreng2an, seperti ayam goreng, ikan goreng, dll. Telur sambal juga cocok lho..

sambal terasi sachet
dadar, krupuk, dan sambel terasi

Haduh.. jadi laper 😀
Selamat memasak yaa…, kalau ada pertanyaan silahkan saja add pin BB saya, 25E3E5CC, kita bisa ngobrol di BBM. Gratis konsultasi kok 😀 hehe
Kalau kata ayah saya, jaman dulu sahur lodeh itu masakan yang umum, masakan rakyat, maksudnya semua lapisan masyarakat mampu memasaknya karena bahan-bahannya termasuk murah. Ya, perhatikan saja isinya, sayuran yang dipakai adalah yang mudah di temui di pasar: terong, labu siam, kacang panjang. Kalau wortel dan jagung, itu dulu tidak masuk dalam daftar sayur untuk di lodeh, tapi belakangan dipakai juga utnuk saur lodeh, dan rasanya cocok. Ya, walaupun untuk wortel, menurut saya tetap tidak sevisi dengan sayuran yang lain ya, karena makin lama, wortel dalam sayur tidak menjadi makin enak hehe. Tapi dengan menambahkan wortel, tampilan sayur menjadi lebih berwarna sih, jadi lebih cantik ada nuansa oranye wortelnya.

Ayo, dicoba ya, masak sayur lodeh. Kalau bingung, ada pertanyaan seputar lodeh, bisa add pin bb saya: 25E3E5CC, silahkan tanya2 deh 🙂