Begini niih Cara Instant Memasak Rendang Yang Nikmat
Posted on: July 25, 2014, by : Vega Aminkusumo

Siapa bilang memasak rendang itu susah?
Sebenarnya memasak rendang itu bisa jadi gampang lho.
Saya yang nggak tau bumbu2 rendang aja bisa bikin rendang sendiri niih, dan rasanya.. Mmm…, lumayan lah, walopun secara visual agak mengecewakan hehe..
Di tulisan ini saya berbagi Resep Rendang Ala Vegi yaa, serba praktis beneran deh.

Kita mulai dari berburu bahan-bahan.
Untuk bahan masakan, semua saya percayakan ke tukang sayur langganan.
Dari memesan daging sapi 2 kg, memesan bumbu rendang tanpa cabe (spesial rikues biar anak2 bisa makan juga), sampai santan merk Sun Kara juga saya beli di tukang sayur langganan.
Bahan2nya cuma itu lho:
-Daging
-Bumbu rendang yg sudah di giling
-Santan instant.
Tak lupa juga saya minta tolong ke tukang sayur untuk memotong2 daging menjadi ukuran sedang, untuk rendang.
Oiya, untuk daging jangan tergiur dengan kata2 “cepat empuk” dari mas-mas penjual yaah. Karena untuk menjadi rendang, daging akan dimasak agak lama, jadi bagian daging has dalam yang cepat empuk hanya akan mempermudah kehancuran daging rendang.
Jujur, inilah yang terjadi pada masakan rendang saya. Memilih daging has dalam dan menggunakan panci semi presto, dan hasilnya rendang agak hancur di sana sini hiks… *curcol* untung saja rasanya tidak mengecewakan, walopun jauh dari uenak tenan 😀
Ok, bahan2 sudah siap! Mari kita mulai memasak..

Memasak rendang, kalau saya memiliki panci andalan. Yaa, sebenarnya bisa pakai panci apa saja, cuma panci yang satu ini, selain tebal juga penutupnya rapat tanpa lubang. Jadi masakan agak lebih cepat empuk, jika dimasak dengan panci andalan ini 😀
Nah, bagaimana cara saya memasak rendang? Begini langkah2nya:
1. Cuci daging yg sudah dalam bentuk potongan. Kemudian masukkan ke dalam panci.
2. Masukkan juga bumbu rendang dan semua santan yang di siapkan. Semakin banyak santan, rasanya semakin mantap yang pasti.
3. Mulai panaskan panci di atas kompor dengan api sedang. Biarkan dan kecilkan api jika perlu.
Naah… Selama masa membiarkan ini nanti air dari daging akan keluar jadi terlihat masakan berkuah banyak. Jadi, kita tidak perlu menambahkan air lagi.
Mengaduk cukup sesekali saja, agar daging di bagian bawah panci tidak lengket dan gosong.
4. Naaah, ketika air sudah makin habis, biasanya yang saya lakukan adalah mengangkat keluar potongan2 daging, memindahkan ke wadah lain, dan membiarkan bumbu yang tersisa masak dengan sendirinya sambil diaduk agar tidak gosong hingga santan mulai berminyak.
5. Setelah minyak keluar, daging kembali di masukkan, dan air ditambahkan, lalu dimasak sampai air habis dan minyak terlihat banyak. Berapa banyak minyak yang bisa dihasilkan sangat tergantung dari jumlah santan yang dipakai. Semakin banyak santan, tentu menghasilkan minyak yang semakin banyak juga. Dan rasanya juga jadi makin enyak.
Jika merasa santan yang diberikan kurang, tinggal tambahkan santan lagi saja, dan panaskan lagi sampai berminyak.
Rendang siap di nikmati deh 😀

Walaupun harus di akui, rasanya tidak senikmat rendang di rumah makan padang, tapi kelebihan rendang buatan sendiri adalah tidak pedas. Jujur, sebenarnya jadi agak mirip daging terik ya, daging di masak dengan bumbu2 sampai meresap dan empuk hehe.. (Namanya terik atau bukan ya? *lupa*)

Oiya, kalau kita membeli bumbu giling di pasar, yang perlu di ingat adalah..
Dalam memasak, salah satu hal yang menentukan nikmatnya masakan adalah komposisi bumbu.
Dan untuk bumbu yang sudah di giling, mau tidak mau komposisi bumbu tergantung si penjual yang memasukkan bumbu2 ke plastik.
Jadi, jika ingin mendapatkan bmbu siap masak yang enak, coba cari tau saja, biasanya info seperti itu mudah menyebar di kalangan ibu2, “bumbu yang enak, yang di loss penjualan bagian sini atau sinu 🙂
Kalau beli bumbu di tukang sayur? Yah, itu gak bisa milihlaah 😀

Selamat memasak 😉

Hehe, Resep Rendang yang masaknya ribet juga sudah tayang di blog ini lho. Ini resep rendang daging warisan keluarga (bukan keluarga saya sih). Dijamin enak. Curhatnya di sini ya

Begini niih Cara Instant Memasak Rendang Yang Nikmatggak p