Author: zaarian

Panduan Lengkap Cara Memasak Daging Rendang Ala Padang

Rendang Padang
ini yg udah matang, bumbunya banyaak…. nyaam…, bentuk dagingnya padat tapi empuuuk..

Dicatat yaa, ini Panduan Lengkap Cara Memasak Daging Rendang Ala Padang yang biasa saya kerjakan. Siapkan waktu khusus sekitar 4 jam untuk berada didepan kompor terus 😀

Bahan dan Bumbu Rendang:

PS. takeran bumbunya dikira2 aja yaa…, buat 1 kg daging.

Bawang merah 20, bawang putih 5, cabe merah (sesuai selera), jintan 1/2 sdt, bubuk kari 1 sdt, lengkuas 5 cm, jahe 2cm, daun jeruk 2, sereh 1, daun kunyit 1, daun salam 3, kapulaga 2, kemiri 4, pekak 1.
Kelapa 2 (cari yg tua & jgn dikupas kulitnya). Air asam jawa 1sdt

Kalau mau santan yg kental rahasianya ada di cara memeras kelapanya…, kelapa diperas 3-4 kali… tergantung masih ada santannya nggak. Begini cara memeras santan kelapa yang benar:
Perasan 1, jangan pakai air… kelapa diremas2 dulu agak lama sampe keluar santan … baru diperas
Perasan ke 2, kasih air sedikit.., diremas2 lagi.., baru diperas.
Begitu seterusnya… ditambah jumlah airnya

Cara Memasak Rendang:

Cara masak, bumbu ditumis tanpa minyak sampai keluar baunya… terus masukkan daging (daging jangan dingin/beku & jangan dicuci).
Masukkan santan perasan ke dua.
Api besar… sampai mendidih baru kecilkan api…, lalu masukkan santan perasan 1
Jangan lupa diaduk biar nggak gosong.
Kalau mau tambahkan kentang kecil.
Kalau air mulai menyusut tambahkan santan perasan ke 3 & ke 4 sedikit2… ambil bagian atasnya yg kental.
Kalau daging sdh mulai empuk.. nggak perlu ditambah santan lagi.
Kecilkan api….aduknya jangan dibolak-balik (nanti daging hancur),digosok aja bagian bawah wajan biar nggak gosong. Perhatikan cara mengaduk, ya. Cukup digosok bagian bawah wajan, untuk menjaga tidak ada bumbu/daging yang gosong dibawah
Aduk terus sampe air menyusut & rendang kering..(kekeringannya tergantung selera… ada yg suka basah ada yg suka kering).
Terakhir dikasih air asem jawa.. dikit aja 1sdt

Lama masak biasanya 3-4 jam (kalo sedikit), kalo banyak biasanya sampe 5 jam. Jangan tinggalkan kompor, karena rendang harus diaduk agar tidak gosong di bagian bawahnya.

Panduan Lengkap Cara Memasak Daging Rendang Ala Padang
santan yg bagus keluar minyaknya

 

Selamat menikmatii 🙂

Merajut itu menyenangkan, karena…

VegaAminkusumo.com– Mau sharing cerita niiih….tentang awal mula kenapa saya jadi hobi merajut. Perlu diketahui kemampuan merajut saya pada awalnya itu NOL BESAAAR (pakai banget). Merajut rantai yang sederhana saja tidak bisa… wkwkwk.Padahal kakak dan ibu saya pinter ngerajut looh. Cuma dulu, waktu muda, kalau mau diajari saya yang suka males hehehe… Jadi berasa deh kalau sudah berumur kayak gini… Menyesal tidak mencari ilmu dari dulu. ?Tapi tidak ada kata terlambat kok untuk belajar. Yang penting ada niat dan kemauan, PASTI BISA!!

Awalnya itu semua berasal dari kebosanan saya sewaktu menunggu anak sekolah di tk. Karena jadi sangat tidak produktif banget waktunya, dan merasa membuang waktu sia-sia.
Mau ditinggal pulang kerumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang lain, eh tapi sayang uang bajajnya. Hehehe…, bisa 40 ribu sehari kalau bolak balik begitu. Sayaang, kaan….. bisa dapet daging setengah kilo tuh (waktu ituuu…). Jadi, saya mencoba mencari-cari kesibukan sendiri.

Pertama saya coba membaca-baca. tapi mata ini hanya tahan satu jam deh paling lama.Apalagi kalau didukung angin sepoi-sepoi …,bisa… syuuut… (gubrak deh). Saya pernah sampai malu sendiri, gara-gara tertidur saat membaca buku, kemudian buku yang saya pegang jatuh. Posisi saya sudah seperti Mister Bean yang terkantuk-kantuk waktu jaga lukisan…. 😀 hadeww… Untung saya punya muka rada tebal, jadi pura-pura tidak terjadi apa-apa. Padahal dalam hatiiii….., malunya tuh di siniii…. 😀

malunya tuh disini
mister bean ngantuk, mirip deh

Gagal baca buku, saya coba dengan menonton drama Korea…. wehehehe…(kalau yg ini masih suka dilakukan siih, kadang kadaaang).
Awalnya, bener- bener jadi penolong deh…
Jadi tidak mengantuk dan waktu tidak terasa berlalunya.
Tapi lama-lama…, kok bosen sendiri yaa? Apalagi waktu serial-serial2 yang menarik sudah habis saya libas. Terus jadi mikir (dalam hati)….. “Kok jadi seperti buang-buang waktu yaa?”…. tidak bermanfaat gitu waktunya, paling berguna buat cuci mata saja.. wkwkwk.

Entah kenapa saya jadi teringat dengan rajutan. Saat itu kayaknya hebat banget yaa, orang-orang yang bisa merajut itu, karena saya sendiri tidak bisa.
Mau minta diajari ibu…. sudah almarhum. Kakak…, rumahnya jauh.
Kalau mau kursus…., waduuh biayanya bikin mules 😀
Pernah iseng tanya di tempat kursus yang kebetulan dekat rumah, biayanya 300 ribu untuk satu tema. Misalnya bikin taplak…, ya 300 ribu sampe bisa bikin taplak aja.
Akhirnya saya coba-coba cari di internet…., dan ternyataaaaa…. WOWW.., saya seperti menemukan harta karuuun!!! Banyak sekali ilmunyaaa….,dari yang paling dasaaaar…. belajar pegang alat rajut …sampai bikin yang aneh-aneh tapi bikin terpanaaaaa!!!
Dimulailah petualangan saya dengan dunia rajut merajut…, dan semua saya pelajari dari internet.
Meskipun awalnya memegang alat rajut saja tidak bisa, jatuh-jatuh teruuus, tapi karena saya suka dan ingin bisa…,asyik-asyik saja tuh, bahkan jadi tantangan tersendiri.

Sekarang tidak terasa sudah 2 tahun lebih saya asyik dengan dunia rajut merajut ini.
Bukannya mau pamer loooh 😀
Ternyata selain menyalurkan hobi dan memanfaatkan waktu, merajut juga bisa menghasilkan, karena hasil karya kita bisa dijual.
Banyak sekali manfaatnya yah. Memang benar ternyata…, menekuni bidang yang kita sukai itu rasanya luaarr biasa… bisa jadi obat penghilang stress bukannya malah ndatengin stress. Jadi intinyaaa….., ayo kita dalami minat kita. Ilmu ada di mana saja. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai sesuatu.

Salam cantik… 🙂

belajar cara merajut gratis bersama flory aksesoris
hasil karya yang langsung terjual

Aneka Variasi Bekal Makan Siang Sehat Untuk Anak

VegaAminkusumo.com-? Dilema punya dua anak beda selera makan, yang satu doyan ayam dan kriuk, sementara yg satu lagi…, hehehe, say goodbye to ayam dan kriuk.
Kok bisa yaaa? Padahal dulu ngasih makannya sama…wkwkwk… Memang lidah orang beda2 meskipun kakak adik sendiri.
Di sekolah mereka sebenernya ada jasa katering sih, tapi kok nggak sreg yaa… takut makanannya nggak dihabiskan dan nggak terpantau padahal waktu jam sekolah mereka sampe melewati makan siang, dan sudah pasti capek. Jadi…. ini sebenernya salah satu usaha saya buat menjaga kesehatan mereka. Hanya saja memang harus rada muter otak dan mau capek sedikit menyiapkannya, karena ya itu…. sekali bikin bekel menunya beda.
Tapi jangan takut. Setelah dijalani, ternyata menyenangkan looh.
Ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri kalau anak-anak kita bilang,

“Bundaa…., bekelnya enak bangeet.”

Hehehe…, jadi terharu *hiks*….

Saya biasa memberi waktu kerja untuk menyiapkan 2 bekal beda selera ini. Rata-rata waktu yg diperlukan adalah 30 menit untuk semuanya.
Untuk makanan yang harus diolah dahulu seperti ayam, saya merebusnya dengan bumbu terlebih dahulu pada saat senggang. Kemudian saya masukkan ke lemari es agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Yuk di simak variasi menu bekal anak saya 🙂
Menu 1: (untuk anak yang suka gak kriuk)

Nasi putih, chicken barbeque, telur dadar, dan timun.
Resep chicken barbeque:
chickennya bagian kulit saja, direbus dulu biar nggak amis & nggak berlemak, digoreng tepung sampe krispi lalu tapi dimasak lagi dgn saos barbeque. ?Tambahin sedikit air lalu dimasak sampe meresap dan habis airnya.

variasi menu bekal makan siang anak
nasi putih, chicken barbeque, telur dadar, timun

Menu 2: (untuk anak yang suka kriuk)

Nasi kuning, telur dadar, timun, dan chicken krispi.
Rebus dulu ayamnya dengan bumbu seperti bumbu sop sampai matang kemudian baru digoreng tepung. Kulit ayam juga bisa dibuat krispinya.
Rasa rispinya tahan sampe malem loh nggak melempem.
Tipsnya: direbus dulu sampai empuk, kemudian tiriskan baru goreng sampe kering dengan api sedang.

nasi kuning untuk bekal makan siang anak
nasi kuning, telur dadar, timun, chicken krispi

Menu 3: (untuk anak yang suka kriuk)

Kentang goreng tepung, semangka, timun, saos tomat, burger ayam barbeque.
Burger ayamnya diolah menggunakan daging giling gula garam merica tepung kanji sedikit, kemudian goreng. Disajikan dengan saos barbeque.
Kentangnya digoreng memakai tepung bumbu.
wuenak lho, cobain deeh pakai tepung bumbu, tapi harus langsung goreng begitu di tepungi, karena kalau tidak nanti kentangnya akan berair dan tepungnya bergumpal2.
Kalau kentang memang sudah tidak krispi… tapi tetep enak loh kalo goreng tepung
tepung bumbu apa aja lah sesuai selera… aku ganti2… kadang2 bikin sendiri…=D
Ini juga salah satu cara menyiasati kentang goreng kentucky yang kalau sudah kelamaan kan nggak enak… padahal sering nyisa… akhirnya kentangnya saya rebus lalu goreng pake tepung bumbu.

menu 3 bekal makan siang anak dengan kentang
kentang goreng tepung, semangka, timun, saos tomat, burger ayam barbeque

Menu 4: (untuk anak yang suka nggak kriuk)

Kepiting saos tiram , timun, semangka, nasi putih, saos sambel.
Beli kepiting yg capitnya saja, kecil2 dan sudah direbus.
Tumis bawang putih masukin saos tirem masukin kepiting… tambah air sedikit… biarkan sampai agak habis airnya & meresap…. udah… gampang & cepet buatnya

menu 4 kepiting yang bergizi untuk bekal makan siang anak
kepiting saos tiram , timun, semangka, nasi putih, saos sambel

Bersambung..