Aneka Variasi Bekal Makan Siang Sehat Untuk Anak
Posted on: January 9, 2015, by : zaarian
menu 3 bekal makan siang anak dengan kentang

VegaAminkusumo.com-? Dilema punya dua anak beda selera makan, yang satu doyan ayam dan kriuk, sementara yg satu lagi…, hehehe, say goodbye to ayam dan kriuk.
Kok bisa yaaa? Padahal dulu ngasih makannya sama…wkwkwk… Memang lidah orang beda2 meskipun kakak adik sendiri.
Di sekolah mereka sebenernya ada jasa katering sih, tapi kok nggak sreg yaa… takut makanannya nggak dihabiskan dan nggak terpantau padahal waktu jam sekolah mereka sampe melewati makan siang, dan sudah pasti capek. Jadi…. ini sebenernya salah satu usaha saya buat menjaga kesehatan mereka. Hanya saja memang harus rada muter otak dan mau capek sedikit menyiapkannya, karena ya itu…. sekali bikin bekel menunya beda.
Tapi jangan takut. Setelah dijalani, ternyata menyenangkan looh.
Ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri kalau anak-anak kita bilang,

“Bundaa…., bekelnya enak bangeet.”

Hehehe…, jadi terharu *hiks*….

Saya biasa memberi waktu kerja untuk menyiapkan 2 bekal beda selera ini. Rata-rata waktu yg diperlukan adalah 30 menit untuk semuanya.
Untuk makanan yang harus diolah dahulu seperti ayam, saya merebusnya dengan bumbu terlebih dahulu pada saat senggang. Kemudian saya masukkan ke lemari es agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Yuk di simak variasi menu bekal anak saya 🙂
Menu 1: (untuk anak yang suka gak kriuk)

Nasi putih, chicken barbeque, telur dadar, dan timun.
Resep chicken barbeque:
chickennya bagian kulit saja, direbus dulu biar nggak amis & nggak berlemak, digoreng tepung sampe krispi lalu tapi dimasak lagi dgn saos barbeque. ?Tambahin sedikit air lalu dimasak sampe meresap dan habis airnya.

variasi menu bekal makan siang anak
nasi putih, chicken barbeque, telur dadar, timun

Menu 2: (untuk anak yang suka kriuk)

Nasi kuning, telur dadar, timun, dan chicken krispi.
Rebus dulu ayamnya dengan bumbu seperti bumbu sop sampai matang kemudian baru digoreng tepung. Kulit ayam juga bisa dibuat krispinya.
Rasa rispinya tahan sampe malem loh nggak melempem.
Tipsnya: direbus dulu sampai empuk, kemudian tiriskan baru goreng sampe kering dengan api sedang.

nasi kuning untuk bekal makan siang anak
nasi kuning, telur dadar, timun, chicken krispi

Menu 3: (untuk anak yang suka kriuk)

Kentang goreng tepung, semangka, timun, saos tomat, burger ayam barbeque.
Burger ayamnya diolah menggunakan daging giling gula garam merica tepung kanji sedikit, kemudian goreng. Disajikan dengan saos barbeque.
Kentangnya digoreng memakai tepung bumbu.
wuenak lho, cobain deeh pakai tepung bumbu, tapi harus langsung goreng begitu di tepungi, karena kalau tidak nanti kentangnya akan berair dan tepungnya bergumpal2.
Kalau kentang memang sudah tidak krispi… tapi tetep enak loh kalo goreng tepung
tepung bumbu apa aja lah sesuai selera… aku ganti2… kadang2 bikin sendiri…=D
Ini juga salah satu cara menyiasati kentang goreng kentucky yang kalau sudah kelamaan kan nggak enak… padahal sering nyisa… akhirnya kentangnya saya rebus lalu goreng pake tepung bumbu.

menu 3 bekal makan siang anak dengan kentang
kentang goreng tepung, semangka, timun, saos tomat, burger ayam barbeque

Menu 4: (untuk anak yang suka nggak kriuk)

Kepiting saos tiram , timun, semangka, nasi putih, saos sambel.
Beli kepiting yg capitnya saja, kecil2 dan sudah direbus.
Tumis bawang putih masukin saos tirem masukin kepiting… tambah air sedikit… biarkan sampai agak habis airnya & meresap…. udah… gampang & cepet buatnya

menu 4 kepiting yang bergizi untuk bekal makan siang anak
kepiting saos tiram , timun, semangka, nasi putih, saos sambel

Bersambung..