Month: January 2016

Cara Mudah Membuat Donat Yang Enak

VegaAminkusumo.com Okeh.. dah konfirm deh.. resep donutnya okeh.?Tiga kali bikin, sukses dan empukkk berarti bukan kebetulan 😀.?Saatnya share resepnya deh.
Cara Mudah Membuat Donat Yang Mudah dan Enak.

Cara Mudah Membuat Donat Yang Enak
Hihi, abaikan bentuk donat yang ajaib yah 😀

Bahan: cuma tepung terigu, telur, minyak sayur, susu bubuk, garam, dan fermipan. Ini bahan dasar ?roti juga.
Takarannya… dikira kira ajahlah.

Saya biasanya ..:
Tepung terigu setengah kg, telur 2 butir, minyak sayur sesendok makan, garam sesendok kecil, fermipan 1/3 bungkus, air hangat.
Dah itu aja. Perhatikan step stepnya.. jaman suka bikin roti, ya step yang saya anut seperti ini:

“Masukkan dari bahan yang kering dulu”.

Biasanya yang saya lakukan nih ya, pertama siapkan telurnya, 2 butir, dan telur dalam kobdisi suhu ruang (jafi nggak adem.. walopun belum pernah nyoba kl telurnya adem ngaruh atau nggak kalau buat roti, yg pasti kalau buat cake, telurnya adem hasilnya nti cakenya bantet yah .. catettt.. amannya ajah)
Pecahkan telur, buang kulitnya, masukkan kuning dan putih telur ke dalam mangkuk, lalu dikocok sanpai mengembang, berbusa,.. nggak perly pakai mixer, cukup pakai garpu atau pengocok biasa asal setelan kecepatan dan semangat full speed, cepet kok, ngembangnya.
Dah. Begitu telur beres, lanjut segera siapkan air hangat. Kan ngangetin air cuma setengah gelas gak lama tuh, jangan sampe panas, cukup hangat ajah.. kalau sudah, siapkan setengah gelas air hangat, lalu tuangkan fermipan ke air hangatnya. Cukup 1/3 sachet lah, jangan terlalu banyak. Terlalu banyak fermipan nanti hasilnya merusak rasa, karena rasa dan aroma fermentasinya keras banget.
Nah walopun dibungkusnya fermipan gak perlu di campur air hangat, ya… saya kebiasaannya begitu sih ya, biar nanti nyampurnya lebih mantep juga di adonan.
Fermipan siap, telur kocok siap, lanjutkan ambil mangkok atau wadah plastik berbentuk mangkuk, yg penting ni wadah nanti bisa ditutup rapat. Bisa ditutup pakai wrapper plastik atau kalau memang ada tutupnya juga tidak masalah, asal nti pas tertutup bisa kedap udara.
Langsung deh beraksi.

Tuang tepung terigu kira kira setengah plastik, lalu tuang garam sesendok (nah kalau takaran garam ini bisa beda…, karena ada garem meja yang uadinnya dikit aja berasa.. sementara ada garam yang gak terlalu gitu deh.. tapi tetep.. lebih baik kuranf garam daripada kebanyakan garam.. jadi dikitt ajah.m. sesendok teh kali ya?😀?)
Tepung, susu, garem, lalu minyak, masukkan deh satu persatu. Dilanjut masukkan fermipan lali telur.
Kalau saya sih nggak pakai gaya gayaan masukkannya ya.. nggak main buat lubang ditengah segala… brug ajah masuk. Cuma ketika masukkan telur kocok.. hati hati ajah..

“Ketika masukkan telur kocok.. hati hati ajah”

Lalu dilanjut dengan mengaduk adonan… pakai sendok.
Nggak pakai tangan deh….sampai adonan mulai susah, adonan sudah tercampur baik. (Ni paling cuma bentaran loh..).. barulaaah.. kita singsingkan lengan baju, gunakan tangan untuk nguleni adonan, jadi jangan lupa cucilah tangan sebelum menguleni adonan. Walopun nantinya tangan akan kembali kotor dan lengket, tapi kan lenket adonan :D.. target akhirnya adonan jadi kalis… pokoknya nggak terlalu lengket lagi..
Kalau terlalu lengket bisa di tambah tepung sedikit.. biasanya sih nggak perlu nambah air ya.. karena air dari fermipan tadi dah lumayan banyak utk setengah kg tepung.. begitu dah lumayan kalis… kumpulkan jadi satu ditengah wadah, lalu tutup wadah rapat rapat deh..
Naaah… simpan di kulkas… biarkan deh sampe lupa kalau kita nyimpen adonan 😀
Paling enak kl di simpen sampe 24 jam.. tapi 12 jam jg gpp, 4 jam juga dah lumayan kok..intinya seperti kemarin tipsnya.. lama dan suhu rendah. Jadi nggak dibiarin di ruangan ajah, nggak cuma 1-2 jam. Tips ini saya dapat dari chef di acara tipi 😀 hihi jadi ikuti saja tipsnya.

“The secret is…. slow oxidatiob in a low temperature”
Artinya dibiarkan mengembang lamaaaaa banget (minimal 12 jam/semaleman) dalam suhu rendah (dalam kulkas).

Tara… begitu tiba saatnya membentuk donat.. ya tinggal diiris dikit dikit, lalu bentuk sesuai hati nurani.. . Letakkan di nampan..
Oiya, standard ya, untuk membentuk, jangan lupa sediakan sedikit tepung agar tangan nggak lebgket lengket dengan adonan, dan nampan juga ditaburi tepung agar nanti ngambilnya gampang.
Begitu selesai dibentuk… segera siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng. Panaskan dulu lah sebelum mulai memasukkan donat donat mentah
Oiya, setelah dibentuk, kalau mau langsung digoreng juga bisa loh.. jafi nggak nunggu biar ngembang lagi.. gak usah nunggu lama lama..
Saya sih begitu.. mana sabarr kalau musti menunggu 30 menit lagi baru bisa goreng goreng.
Gak usah kuatirr.. karena nanti begitu masuk ke wajan dengan minyak panas donatnya bisa ngembang lagi dan itu bentuk akhirnya.
Apinya juga nggak terlalu panas. Bisa dicoba saja..
Jadi deh..
Saya sengaja nggak nambahkan gula sama sekali, karena nantinya ketila matang, donat rencananya dimakan dengan tabur gula. Kan manis tuh.. jadinya donatnya cukup gurih saja, dipadu gula halus yang manisss… pasti enak yah 😀

Yah.. begitulah..cara membuat donat yang gampang dan enak. Abaikan bentuk donat yang tidak keruan yah.. karena ternyata untuk bisa menghasilkan donut bundar itu perlu keterampilan tersendiri. Dan itu sebagian besar yang mementuk si Mumu Bebe 🙂