Month: April 2014

Resep : Nasi Goreng Dengan Bumbu Instan

VegaAminkusumo.com – ini adalah menu andalan saya ketika rasa malas menyerang: Nasi goreng bumbu instan. 😀
Yang penting ada telur, dan bumbunya, bisa. Enak deh.

Kita langsung bahas resepnya yaa, nanti tips dan tiknya setelah resep sajah 🙂

Nasi Goreng Bumbu Instan

Bahan2:
Telur ayam
Nasi putih
Kecap
Garam
Nasi putih
Bawang putih
Bumbu nasi goreng
Minyak goreng

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan telur.
2. Aduk2 telur sampai agak matang, kemudian masukkan nasi.
3. Matikan api, masukkan nasi dan bumbu2 lain: kecap, garam, bumbu nasi goreng instan. Nyalakan api sambil di aduk2
4. Aduk-aduk nasi, agar bumbu tercampur baik dengan nasi. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau minyak.
5. Siap di santap 🙂

bumbu-nasi-goreng-instan-yang-enak-sajiku-larasa-racik

Naaah, sekarang bagian tips2 spesial dari saya:

1. Bumbu instan mana yang saya rekomendasikan? Semua enak! Saya biasa memakai bumbu yang ada di warung terdekat. Kalau pas adanya Larasa, ya pakai itu. Adanya Racik, ya pakai Racik, adanya Sajiku, yah pakai sajiku. Yang pasti tepung bumbu. Pernah pakai bumbu indofood yang bukan tepung, walaupun rasanya enak, tapi lebih nikmat yg tepung bumbu 😀
2. Saya selalu memilih rasa yan tidak pedas. Kalau mau nasi goreng terasa pedas, saya lebih senang rasa pedas dari kecap. Sekarang kan ada tuh, kecap yang rasanya pedas. Naaah, itu yang saya pakai. Bukan bumbu intan yang pedas yg saya pilih. Silahkan di coba deh, rasanya lebih enak dengan kecap pedas.
3. Kecap manis (jika nasi goreng tidak pedas) saya lebih senang menggunakan Merk ABC. Kenapa? Karena rasanya tidak terlalu manis. Jadi cocok untuk nasi goreng, semakin banyak kecap, makin terasa gurihnya. Yaa, kalau ABC pas stok kosong di warung, pilihan kedua jatuh ke merk Bango. Mau gimana lagi? Kecap dengan distribusi luas sampai ke warung terdekat cuma itu: ABC dan BANGO. Kadang2 ada Nasional, tapi belum pernah pakai 🙂
4. Mungkin ada yang heran, kenapa telur di masukkan dan di campur dengan nasi begitu saja. Yang biasanya dilakukan orang adalah telur di orak arik, kemudian disisihkan sendiri, lalu tumis2 dan masukkan telur bersama nasi dan bumbu.
Alasan saya, telur saya goreng aduk2 juga tidak sampai matang sekali, agar bisa lebih menyatu denan nasi. Karena nasi di masukkan ketika telur belum benar2 kering, telur bisa menempel ke nasi dgn mudah, dan hanya meninggalkan rasa nikmat ketika di makan, karena semua rasa sudah menyatu di sendok.
5. Jika ingin memperkaya rasa, yang saya rekomendasikan: sosis atau bakso, Bisa juga dengan tuna kemasan kaleng, pilih rasa chunk light, agar rasanya tidak bertabrakan. Potongan udang segar atau daging ayam dll, bisa di masukkan setelah menumis bawang putih. Sementara sayur2an, jika ingin menambah hijau2an, bisa di campurkan setelah telur, bersamaan dengan nasi. Hihi, saya jarang menggunakan sayur…
6. Resep ini juga bisa dipakai untuk membuat mie goreng, kwe tiaw goreng. Iya, saya membuat mie goreng dengan bumbu tepung nasi goreng. Walaupun ada tepung bumbu utk mi goreng, tetap saja… , lebih nikmat membuat dengan bumbu nasi goreng. Tidak percaya? Coba saja 😀

Sekian dari saya, seputar nasi goreng, silahkan mencoba di praktekkan di rumah yaaa.. Makin sering mencoba, makin bisa mengira-ngira takaran garam dan kecap yang musti di pakai. Yang pasti, dengan komposisi yang pas, rasanya bisa nikmat sekali.

Jika ada pertanyaaan, silahkan di kolom komentar yah 🙂

Nasi Goreng Dengan Bumbu Instan

Resep : Kue Nastar Yang Enak Dan Lembut Untuk Lebaran

Jujur lagi, saya belum pernah membuat nastar dan kue-kue kering lain. Dulu cuma sekedar membantu mengolesi dengan telur, adonan yg sudah dicetak dan siap masuk oven.
Saya sekedar berbagi resep peninggalan Ibu saya saja yaa. Dan sudah pasti rasanya enak banget. Hihi, tentu saja enak, margarinnya di kombinasi dengan butter.
Oiya, ini resep dasar kue kering nastar. Resep jaman dulu. Kalau jaman sekarang, sudah banyak variasi rasa nastar juga, seperti dengan taburan keju parut di atasnya, dan bahkan adonannya pun bisa di campur dengan sedikit keju, jadi tidak sekedar terasa gurih butter, tapi juga gurih keju :0
Berikut resepnya…

Kue Kering Nastar

Bahan:

500 g margarin
160 g gula halus
2 butir telur
650 g tepung terigu
1/2 sdk teh soda kue

Olesan: 1 butir telur ayam

Cara membuat:

1. Kocok margarin dan gula sampai naik
2. Masukkan telur
3. Terakhir masukkan tepung terigu dan soda kue, aduk rata
4. Bentuk adonan sesuai keinginan, isi tengahnya dengan selai nanas, olesi dengan telur
5. Oven.
Sebenarnya, jujur nih, kalau menurut saya, nastar yang enak justru yang rasanya tidak enek. tidak terlalu banyak rasa gurih butter atau keju.
Dan kalau nastar model itu, Ibu mertua saya jagonya membuat nastar sederhana.
Enak sekali deh. Terutama karena biasanya selai nanasnya membuat sendiri. Nanti ya, seandainya ada waktu, saya tanyakan pada ibu mertua, cara membuat selai nanas 🙂

Nah, kalau teman-teman menemukan istilah2 di bawah ini, tidak perlu panik. Karena dengan modal resep dasar di atas, kita bisa variasikan menjadi nastar yanag beraneka rasa.
1. Kue nastar wisman.
Ini sudah jelas ya, pemakaian margarinnya menggunakan butter wisman. kelebihannya sudah pasti rasanya makin nyam-nyam, aroma butternya juga makin menggoda lidah, namun juga agak lebih enek, ya. Kalau saya pribadi tidak terlalu senang nastar dengan aroma dan ras wisman yang kuat, karena rasa nanas yang kecut segar cocok dengan sesuatu yang tidak terlalu kuat rasanya. Ini menurut saya yaa, apalagi kalau melihat nastar nggak mungkin hanya makan satu. Hihihi…
2. Kue nastar renyah
Sebenarnya untuk menghasilkan kue kering yang renyah, itu bisa di atur dari komposisi putih telur yang di gunakan. perbanyak putih telur, kurangi kuning telur, agar komposisi telur tetap sama.
3. Kue nastar keju
Hihi, tinggal tambahkan parutan keju dalam adonan tepungnya. Hasilnya, tentu kue akan memiliki rasa gurih dari keju. Apalagi dengan taburan keju parut yang menghias di atas kue. Lidah bisa bingung, ini nastar atau kastengel. Jadi pertimbangan sebelumnya rasa apa yang ingin anda tonjolkan pada hasil akhir 😀
4. Kue nastar spesial
Biasanya spesial bisa diartikan rasanya istimewa, rasanya berkelas, rasanya uenak sekali. Nah berarti tinggal menggunakan bahan2 istimewa saja. mentega dengan wisman, selai nanasnya juga asli, jadi terasa segar nanasnya.
Oiya, untuk selai nanas, sebenarnya menurut saya yang paling enak itu selai buatan mertua saya :D, karena beliau selalu membuat sendiri selali nanasnya, jadi rasa segar nanas dan manisnya asli berkualitas. Hasil akhirnya, kue nastarnya pun jadi spesial.
5. Kue nastar nanas
Sekarang karena variasi nastar begitu banyak, jadilah ada nastar nanas, nastar kismis, nastar kurma.
Ibu saya dulu suka juga membuat nastar kurma. Adonan dasarnya sama seperti nastar. hanya saja isinya adalah potongan kurma. Tahu sendiri, kan kalau bulan puasa kurma gampang diperoleh dengan range harga yang sangat bervariasi.
6. Kue nastar empuk
Perbedaan antara empuk dan renyah ada pada komposisi telur: kuning telur dan putih telur.
Putih telur menyebabkan kue menjadi renyah, sementara kuning telur membuat kue menjadi lembut (kuning telur dan mentega ya).
Apakah kue yang renyah itu enak? Ehem.. yang pasti kalau renyah, terlalu renyah, otomatis pasti mudah hancur, dan itu berarti tampilan akhir kue menjadi tidak cantik.
7. Kue nastar yang enak
Enak itu selera, untuk saya, nastas yang enak tidak menggunakan banyak mentega wisman, bahkan tidak memakai wisman juga tidak apa, yang penting selai nanasnya nyam-nyam.

Demikian sedikit penjelasan dari saja, seputtar kue nastar lebaran.
Silahkan mencoba, nanti saya ubek2 buku resep pengingglan ibu saya lagi yaaah, siapa tau ada resep yang bagus lagi 😉

Terima kasih, selamat mencoba

resep-kue-nastar-yang-enak-dan-empuk-untuk-lebaran

Resep: Kue Keju Kastengel Yang Renyah Untuk Lebaran

Jujur saya belum pernah membuat kue yang satu ini, hanya doyan banget menghabiskannya 😀
Dulu, jaman masih kanak-kanak, saat hari-hari terakhir puasa, mendekati hari Lebaran, kegiatan rutin di rumah kami adalah membuat kue lebaran. Kastengel adalah salah satu kue wajib yang pasti harus ada. Ini salah satu favorit almarhum Ibu saya soalnya. Saya dan adik biasanya ikut membantu mengolesi adonan yang siap masuk oven, dan memberitaburan keju parut di atasnya. Hmm nyam-nyam.
Jadi saya hanya akan berbagi sedikit tips yang saya tau dan menyalinkan resep dari buku besar peninggalan ibu saya. Yang pernah merasakan kastenge buatan ibu saya pasti mengakui rasanya uenak tenan. Begitu dicoba, tidak mau berhenti sebelum habis 😀

Resep Kue Keju (Kastengel) Ibu Lily

Bahan:
450 g margarin
4 kuning telur
1 putih telur
300 g keju parut
Garam secukupnya
650 g tepung terigu

Untuk Olesan:
1 kuning telur
50 g keju parut

Cara mengolah:
1. Kocok margarin sampai putih
2. Masukkan kuning telur satu persatu, kemudian tambahkan putih telur, kocok sampai rata dan naik. 3. Masukkan keju dan garam, aduk rata
4. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
5. Bentuk adonan sesuai keinginan, olesi dengan kuning telur, kemudian taburi keju parut
6. Oven
Nah, sekarang sedikit tips.
1. Agar kastengel terasa renyah, maka putih telur bisa diperbanyak. Tapi hati-hati, terlalu banyak putih telur akan mengakibatkan kue mudah hancur nantinya.

2. Rasa dan aroma keju buatan kita sangat bergantung dari kualitas keju yang kita pakai dalam pembuatannya. Ibu saya mengkombinasikan antara keju edam (yang bulet seperti apel merah beesar, dijual di supermarket), dan keju cheddar umumnya.

3. Margarin yang digunakan juga dikombinasi dengan butter
Sekian yang bisa saya kisahkan seputar kastengel buatan ibu saya 😉

resep-kue-keju-kastengel-renyah-untuk-lebaran

Resep: Cake Keju Sederhana Dengan Cream Cheese

Baru nemu catetan jaman dulu… Hihi, Dulu ini salah satu kue andalan saya niih, Cake Keju. Biasanya untuk lapisan atas Brownies yang nantinya ditaburi keju parut di atasnya. ?Tapi bisa juga menjadi cake keju sendiri, dan rasanya beneran deh… enak!

Simak resepnya yaa.

Bahan:
125 g cream cheese
100 g margarin
3 butir telur, pisah putih dan kuning
75 g gula pasir
25 g susu bubuk
50 g tepung terigu
100 g keju cheddar parut

Metode:
1. Kocok cream cheese, marganin, dan gula pasir hingga putih sambil di tambahkan kuning telur satu persatu.
2. Masukkan susu bubuk dan tepung yang sudah diayak bersama. Aduk rata dengan menggunakan sendok.
3. Masukkan kocokan putih telur, aduk rata dengan hati-hati.
4. Tuang adonan di atas adonan brownies, kemudian taburi dengan keju parut.cake-keju-dengan-cream-cheese

Resep: Roti Tawar Havermut Sederhana Ala Vegi

Naaah, ini salah satu resep andalan saya niih, duluuu paling seneng buat roti havermut, kalau sedang iseng. Bikinnya gampang, dan pasti jadi soalnya. Kemungkinan gagalnya sedikit 😀

Bahan2:
11/2 gelas tepung terigu
1/2 gelas havermut + 1/2 gelas tambahan jika di perlukan
6 sdk gula pasir
1 sachet fermipan (yeast)
1/2 sdk the garam
2 telur di kocok dengan garpu
3 sdk makan margarin di cairkan
2/4 gelas susu cair

Cara:
1. Aduk rata jadi satu semua bahan kering:
Tepung. Terigu, havermut, gula pasir, garam, fermipan
2. Kocok jadi satu:
Telur, margarin cair, susu cair.
3.Bahan kerin dan cairan di aduk/uleni menjadi satu,sampai menjadi adonan yang tidak lengket di wadah, atau tidak terlalu lembek.
Jika terlalu lembek, beri tambahan havermut secukupnya saja.
4. Diamkan adonan dalam wadah tertutup yag kedap udara. (Ditutup dengan lap basah) sekita 1/2 – 1 jam. >> Uleni lagi, lalu diamkan lagi 1/2 – 1 jam.
>> Letakkan dalam pan, iris bagian atas adonan sedikit untuk memberi arah kemana roti mengembang nantinya, diamkan lagi 1/2 -1 jam >> oven

Tips pengovenan:
Suhu maksimal 4angat panas 270 C
Saat adonan masuk ke dalam oven, oven harus sudah dalam keadaan panas maksimal
15 menit api dari atas,
15 menit api dari bawah

bahan-roti-tawar-havermut